1. Jaga Agar Anak Terhidrasi

Selama terkena diare, anak akan mengeluarkan banyak cairan. Agar anak tidak mengalami dehidrasi atau kekuarangan cairan, maka berikan anak air minum ataupun cairan lain seperti sup hangat dan minuman yang mengandung elektrolit. Hindari memberikan minuman manis karena dapat memperparah diare. 
 
1. Jaga Agar Anak Terhidrasi
source: http://www.bladderandboweluk.co.uk

 

2. Tingkatkan Asupan Lemak dan Serat

Saat balita terkena diare, maka perhatikan asupan makanan yang dikonsumsi. Perbanyak asupan yang kaya lemak dan nutrisi seperti kacang-kacangan, sereal, roti gandum, sayuran dan buah-buahan segar. 

 
2. Tingkatkan Asupan Lemak dan Serat
source: https://www.sciencenews.org

 
baca juga

3. Berikan Pisang

Pisang mengandung banyak nutrisi penting sehingga dianggap sebagai makanan paling sempurna untuk balita. Buah yang banyak ditemukan di daerah tropis ini, mengandung elektrolit sehingga baik diberikan kepada anak diare. Mengonsumsi pisang selama diare akan membantu mengganti elektrolit yang hilang. Selain itu, pisang juga bisa menjadi sumber energi bagi anak. Pilihlah pisang dengan tingkat kematangan yang bagus dan hindari pisang yang belum matang karena berisiko membuat anak sembelit. 
 

3. Berikan Pisang
source: https://www.ritaavellar.com

 

4. Minuman Jahe

Jahe berperan membantu menjaga kesehatan pencernaan secara keseluruhan. Oleh karena itu, jahe merupakan pilihan yang baik untuk mengobati diare. Buatlah racikan jahe untuk anak dengan mencampur satu sendok teh bubuk jahe kering dengan bubuk kayu manis serta madu. Minta anak meminum air jahe ini agar diarenya cepat sembuh. 
 
4. Minuman Jahe
source: https://www.livestrong.com

 
baca juga

5. Nasi Putih

Cara sederhana mengatasi diare pada anak adalah dengan memberikannya nasi putih. Nasi putih cukup efektif membantu mengobati diare pada balita. Kandungan pati sangat tinggi dalam nasi putih sehingga sangat mudah dicerna. 
 
5. Nasi Putih
source: https://www.pannacooking.com

6. Kentang

Jika anak tak suka makan nasi, maka coba ganti dengan kentang. Kentang cukup ampuh  memerangi diare. Sjikan dengan cara direbus, lalu berikan kepada anak. Kentang rebus akan membantu untuk memulihkan nutrisi yang hilang. Kentang juga memberikan kenyamanan untuk sakit perut. Hindari memberikan kentang pedas dan berbumbu karena malah akan memperburuk diare. 
 
6. Kentang
source: https://www.pinterest.com