1. ASI

Bagi bayi berusia di bawah 6 bulan, ASI yang cukup adalah satu-satunya cara untuk menambah berat badan. ASI merupakan asupan bergizi, sehat, seimbang, dan mengandung semua nutrisi yang dibutuhkan bayi. ASI juga dapat dengan mudah dicerna, sehingga bayi ASI jarang sekali mengalami sembelit, diare atau gangguan perut lainnya. Apabila bayi mengonsumsi ASI yang cukup setiap hari, itu akan membantu untuk meningkatkan bobotnya. Oleh karena itu, ibu dianjurkan memberikan ASI kepada bayi secara ekslusif selama 6 bulan.
 
source: http://metro.co.uk

 

2. Pisang

Pisang merupakan sumber energi yang sangat baik. Satu pisang mengandung 100 kalori. Selain karbohidrat, pisang juga tinggi kalium, serat makanan, Vitamin C dan B6. Pisang adalah buah yang termasuk mudah didapatkan di Indonesia, jadi tak ada alasan bagi Moms untuk tidak memberikannya kepada bayi. Olah pisang menjadi puree, dengan cara mencampur pisang yang sudah dihaluskan dengan ASI. Resep ini cocok diberikan sebagai MPASI pertama bayi. 
 
source: https://www.beinghappymom.com

 
baca juga

3. Oat

Oat merupakan makanan yang efektif mendungkung perkembangan bayi. Oat kaya akan serat dan merupakan sumber mineral seperti zat besi, magnesium, seng, tiamin dan fosfor. Oat juga mudah dicerna untuk bayi dan mencegah sembelit. Oat dapat menjadi pilihan sarapan sehat bagi bayi untuk menambah berat badan. Cara membuat oat untuk bayi juga cukup mudah. Tinggal memasak oatmeal dengan air panas, saring dan campurkan dengan ASI. MPASI oatmeal siap dihidangkan! 
 

source: https://www.beinghappymom.com

 

4. Kentang

Makanan bertepung seperti kentang kaya akan karbohidrat. Kentang adalah sumber vitamin seperti C dan B6, mineral seperti fosfor dan mangan. Kentang cocok diberikan kepada bayi karena rendah kalori dan jarang menimbulkan alergi. Untuk bayi berusia 6-8 bulan, Moms bisa membuat puree kentang dicampur dengan ASI. Sementara untuk bayi di atas 8 bulan, kentang dapat disajikan sebagai finger food
 

source: https://www.beinghappymom.com

 
baca juga

5. Ubi

Ubi jalar dapat diolah sebagai MPASI pertama untuk bayi di usia 6 bulan, dan termasuk jenis makanan yang paling bergizi dan mudah dicerna oleh bayi. Dalam ubi jalar terdapat vitamin A (beta karoten), vitamin C, tembaga, mangan dan vitamin B6. Selain itu, sumber yang baik dari kalium, magnesium, serat, fosfor dan rendah lemak. Ubi jalar diolah dengan sederhana yaitu direbus dan dihaluskan. Tambahkan ASI agar teksturnya sedikit kental sebelum diberikan kepada bayi. 
 

source: https://www.beinghappymom.com

Itu dia beberapa makanan yang efektif menambah berat badan bayi, Moms! Masukkan ke dalam daftar MPASI anak yuk!