1. Perhatikan Beberapa Faktor: 

a. Agama dan Budaya
Banyak para orang tua memberikan nama anaknya dengan menambahkan unsur agama yang dianut. Hal ini sangat baik dan tidak masalah, asalkan cari nama dengan arti yang indah dan tidak susah disebut. 

b. Kesesuaian Akhiran Vocal
Ini merupakan salah satu hal yang juga tidak kalah penting ketika akan memberikan nama bayi. Hindari menggabungkan nama pertama yang memiliki akhiran vokal sama dengan awal dari nama belakang, misalnya Nia Amelia. Hindari juga nama-nama yang aneh dan justru bisa membuat anak Moms menjadi bahan ejekkan para teman-temannya kelak.

c. Perhatikan Nama Panggilan
Setiap anak pasti memiliki nama panggilan dan Moms serta Dads harus memikirkan kesatuan nama yang mudah disebut tentunya. Adak baiknya hindarilah memberi nama yang berpotensi memiliki preseden buruk atau justru inisial yang 'nyeleneh'.

d. Keunikan

Saat ini banyak orangtua yang memberikan nama pada anaknya dengan sebutan dan makna yang unik. Sah-sah saja jika nama tersebut memiliki arti yang baik dan mudah disebut. Sebagai saran pilihlah nama pertama yang cukup familiar, lalu gabungkan dengan nama kedua dengan penggabungan nama bayi moms dan suami. 

e. Arti Nama
Nah, arti nama bayi ini harus Moms pikirkan benar-benar, karena sebuah nama adalah doa lho. Kamu bisa mencari jenis-jenis nama bayi yang cukup beragam di Mommyasia.id. 
 

source: https://freepik.com

2. Perhatikan Kata dan Rangkaian

  • a. Tips memberikan nama bayi yang harus diperhatikan adalah kata atau rangkaian kata nama bayi, tidak mutlak harus mengambil satuan kata dari Moms dan Dads. Karena, bisa saja hanya suku kata atau bahkan huruf. 
  • b. Selanjutnya adalah kata atau rangkaian kata bisa saja berasal dari arti nama Dads dan arti nama Moms yang kemudian dicarikan lagi kata yang sepadan atau sama artinya kemudian baru digabung sehingga menghasilkan nama bayi yang indah.. 
  • c. Pemberian nama bayi gabungan dari nama orang tua tidak harus kata yang dieja dari depan ke belakang, tetapi bisa juga dieja dari belakang ke depan.
source: https://freepik.com
baca juga

3. Nama Unisex

Sebelum menggabungkan nama Moms dan Dads, perlu diperhatikan bahwa sebaiknya nama gabungan tersebut bisa digunakan untuk unisex alias bayi laki-laki atau perempuan. Tidak terlalu maskulin dan tidak terlalu feminim, jadi bisa dipakai untuk anak laki-laki dan anak perempuan juga.

Misalnya:

Nama Ayah: Ferdian 
Nama Ibu: Nia Alodita
Nama Anak : Ferana Aliandrita

source: https://freepik.com

Nah, itulah beberapa tips dan hal yang perlu diperhatikan ketika akan menggabungkan nama ayah dan ibu untuk nama bayi. Semoga bermanfaat ya Moms!