1. Gendongan atau Stroller

Mudik bersama bayi Moms harus memikirkan dua hal yakni kenyamanan si kecil dan juga Moms sendri. Untuk memudahkan selama mudik dan membuat Moms tidak terlalu lelah, jangan lupa untuk membawa gendongan atau stroller yang bisa dilipat sehingga mudah dibawa ke mana-mana. Dua perlengkapan bayi ini penting dan jangan sampai terlupa dibawa ya Moms. Pastikan Moms juga membawa jenis gendongan belakang agar tidak membuat kamu terlalu pegal ketika berkeliling dengan si kecil. 

source: https://freepik.com

2. Mainan Favorit Si Kecil

Perjalanan yang cukup jauh dan melelahkan pastinya akan membuat si kecil rewel dan mudah bosan. Apalagi jika Moms menggunakan jalur darat saat mudik yang macetnya hingga berjam-jam. Nah, yang tak boleh tertinggal saat perjalanan mudik adalah mainan kesukaan si kecil untuk menghiburnya selama di perjalanan. Bawakan beberapa mainan yang sering ia mainkan di saat di rumah. Jangan membawa hanya satu mainan ya Moms, agar si kecil tidak cepat bosan. 

source: https://freepik.com
baca juga

3. Makanan dan Cemilan Praktis

Meski sedang di perjalanan Moms juga tidak boleh melupakan asupan nutrisi dan gizi yang baik buat si kecil agar tetap sehat. Selain praktis sayuran rebus juga awet meski Moms bepergian dari pagi hingga malam hari. Moms bisa menggunakan sayuran seperti brokoli, buncis, wortel yang tidak mudah busuk. Selain itu jangan lupa simpan sayuran di wadah khusus makanan yang tertutup rapat untuk menghindari kotoran masuk ke dalam. Selain itu bubur buah yang sudah dibekukan terlebih dahulu sebelum dibawa. Pada malam harinya simpan bubur buah di dalam freezer, agar ketika pagi hari bubur masih dalam keadaan beku. 

source: https://freepik.com

4. Tisu Basah dan Obat-obatan

Saat sedang di perjalanan mudik tisu basah merupakan salah satu perlengkapan bayi yang cukup penting dan tidak boleh untuk tertinggal. Tisu basah ini sangat berfungsi untuk membersihkan sisa makanan setelah si kecil makan dan membersihkan tubuh bayi saat ia buang air kecil atau besar. Selain itu bawalah obat-obatan seperti minyak angin, vitamin dan juga obat-obatan lainnya apabila si kecil sedang kurang sehat saat di perjalanan. 

source: https://www.indiamart.com

Itulah beberapa perlengkapan bayi yang wajib dibawa saat mudik nanti. Semoga perjalanan mudik lancar, ya!