Pakaian yang Nyaman

source: http://outfitposts.com/2012/11/one-suitcase-business-casual-capsule_6313.html

Tentu saja kamu harus membawa pakaian. Jumlah pakaian harus kamu sesuaikan dengan lamanya travelingmu. Sementara untuk pilihan pakaian sesuaikan pula dengan destinasi yang akan dikunjungi. Kalau misalnya berlibur ke pantai, maka bawalah pakaian berbahan katun atau mudah menyerap keringat. Sebaiknya bawa dress atau terusan agar membuatmu leluasa bergerak dan berjalan-jalan.

 

Sepatu Ket dan Flat Shoes

source: https://www.momtricks.com/pregnancy/best-shoes-for-pregnancy/

Karena kamu akan lebih banyak berjalan-jalan saat traveling, maka disarankan pakailah sepatu kets atau sport. Jenis ini akan mengurangi rasa pegal atau ngilu di kaki, meski kamu cukup lama berjalan kaki. Selain itu, bawa juga sepasang flat shoes dan hindari high heels, untuk digunakan saat dinner di restoran atau datang ke acara-acara yang cukup resmi.

 

baca juga

Botol Minum

source: http://www.foxnews.com/health/2014/01/13/more-than-24500-chemicals-found-in-bottled-water.html

Kebutuhan cairan ibu hamil lebih banyak daripada orang yang tidak hamil. Oleh karenanya, sedialah selalu air putih kemana pun kamu pergi. Untuk berhemat membeli minum, bawalah botol minum atau tumbler dari rumah. Biasanya tempatmu menginap menyediakan refill air putih, sehingga kamu enggak perlu membelinya. Di negara seperti Singapura, Korea, Jepang dan lain-lain juga menyediakan air minum gratis di beberapa spot. Jadi, kamu bisa mengambil minum di situ.

 

Camilan Sehat

source: https://www.whattoexpect.com/pregnancy/photo-gallery/healthy-habits-to-pick-up-during-pregnancy

Selama hamil, nafsu untuk nyemil akan bertambah. Jadi, jangan lupa membawa camilan kemanapun kamu pergi. Pilihlah camilan sehat atau buah yang sudah dipotong. Kamu bisa membelinya di toko-toko yang ada di kota tujuan liburanmu.

 

baca juga

Tisu Basah dan Gel Antibakteri

source: https://id.pinterest.com/pin/196891814929341887/
Benda yang tak kalah penting dibawa traveling saat hamil adalah tisu basah dan gel antibakteri. Selama traveling, kuman penyakit kemungkinan banyak menempel di tubuh karena sering memegang sesuatu. Jadi, dua benda ini akan berguna untuk kamu pakai membersihkan atau mencuci tangan terutama sebelum makan dan minum. So, kamu tetap higienis deh selama traveling!

 

Neck Pillow

source: https://www.etsy.com/listing/398705191/wonder-woman-travel-pillow-super-hero
Jangan lupa membawa bantal jenis neck pillow saat kamu bepergian. Karena bantal ini bisa kamu pakai tidur saat berada di dalam mobil, bus ataupun kereta. So, kamu tetap bisa beristirahat dengan nyaman selama di perjalanan. Tapi kalau kamu naik pesawat, tak perlu membawa bantal. Cukup minta kepada pramugari atau pramugara pesawat untuk membawakan bantal untukmu.

 

Obat-obatan

source: https://www.bu.edu/today/2011/medication-use-by-pregnant-women-climbs/

Selama hamil kamu enggak boleh sembarang meminum ataupun memakai obat. Karena itu, sebelum traveling berkonsultasilah dengan dokter kira-kira obat-obatan apa saja yang boleh diminum ibu hamil. Mintalah resep untuk obat sakit kepala, sakit perut karena masuk angin, diare, pilek, penurun demam dan lain-lain, karena penyakit itu yang mudah menyerang saat bepergian. Jangan lupa membawa resep dokter bersamamu, untuk kamu gunakan membeli obat di tempat tujuan apabila obatmu habis.