1. Melindungi Ibu Dari Penyakit

Saat berpuasa, pola makan akan berubah menjadi lebih teratur. Moms akan rutin makan tepat waktu, yaitu saat sahur dan berbuka. Terlebih lagi jika kamu mempersiapkan setiap menu makanan dengan lebih hati-hati. Dengan kata lain, Moms akan terhindari dari beragam penyakit yang disebabkan karena pola makan tidak sehat. Kualitas ASI pun juga akan lebih terjaga dengan pola makan dan asupan gizi yang sehat saat berpuasa.
 

Moms, Ternyata Ini Manfaat Puasa Bagi Ibu Menyusui!
source: http://www.masakanpraktisrumahan.com/


 


2. Menjaga Kesehatan Jantung

Saat berpuasa tubuh seseorang akan secara alami melakukan peningkatan kadar kolestrol baik dan penurunan kadar kolestrol buruk. Hal ini tentu akan berdampak baik untuk kondisi kesehatan pembuluh darah dan jantung. Manfaat ini juga berlaku pada ibu yang sedang menyusui, puasa dapat menjaga kesehatan jantung agar dapat tetap berfungsi dengan baik.
 

Moms, Ternyata Ini Manfaat Puasa Bagi Ibu Menyusui!
source: https://siraplimau.com/


 

baca juga


3. Mengoptimalkan Sistem Imunitas

Tahukah kamu bahwa dengan berpuasa sistem imunitas seseorang akan meningkat? Saat berpuasa sistem imunitas seseorang akan semakin kuat disebabkan karena adanya peningkatan jumlah limfosit hingga 10 kali lipat. Inilah yang membuat sistem kekebalan tubuh seseorang menjadi lebih kuat. Dengan begitu, ibu hamil tidak perlu khawatir selama yakin dan mempersiapkan asupan bergizi selama puasa.
 

Moms, Ternyata Ini Manfaat Puasa Bagi Ibu Menyusui!
source: https://babyologist.com/


 


4. Mengatasi Rasa Nyeri

Saat persalinan baru berlalu selama 1- 3 bulan, rasa nyeri bekas persalinan memang kerap kali muncul dirasakan oleh para ibu. Akan tetapi, banyak ibu menyusui yang menemukan bahwa dengan berpuasa, rasa nyeri tersebut perlahan hilang akibat tubuh mengeluarkan sel-sel penetral yang mampu membuat rasa nyeri perlahan mulai menghilang.
 

Moms, Ternyata Ini Manfaat Puasa Bagi Ibu Menyusui!
source: https://pondokibu.com/


Nah, itulah beberapa manfaat yang dapat dirasakan para ibu menyusui saat melakukan ibadah puasa. Tidak perlu khawatir berlebih asalkan kamu memang memiliki tekad kuat untuk berpuasa serta diiringi dengan asupan makanan sehat bergizi dan minum air yang cukup, dijamin puasa kamu akan lancar.