1. Menyuplai Nutrisi

Banyak orang berpikir bahwa tidak ada nilai gizi dalam ASI yang lewat dari enam bulan. Hal ini tidak sepenuhnya benar. Terlepas dari berapa usia bayi, ia akan terus mendapatkan manfaat dari protein, kalsium, lemak, vitamin A, dan nutrisi lain yang terkandung dalam dalam ASI. 
 
1. Menyuplai Nutrisi
source: http://www.scarymommy.com

 

2. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Bayi yang diberi ASI mengalami penurunan kejadian penyakit dan tingkat kematian yang lebih rendah. Semakin lama ibu menyusui, akan memengaruhi peningkatan daya imun bayi. Selain itu, menyusui membuat ibu lebih sehat. Ibu yang menyusui lebih kecil kemungkinannya menderita kanker payudara. Ada juga penurunan risiko kanker ovarium dan kanker endometrium. 
 
2. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh
source: https://www.medicaldaily.com

 
baca juga

3. Meningkatkan Perkembangan Otak

Penelitian menunjukkan bahwa menyusui membantu meningkatkan perkembangan otak pada bayi. Bukan hanya pengaruh dari nutrisi, tetapi dari posisi menyusui. Bayi yang menyusui langsung pada payudara, akan terlatih menjangkau payudara ibu dan mencari posisi yang benar untuk menyusu. Ketika menyusu dari botol, bayi juga akan menyesuaikan posisi dan cara menyusunya. Hal inilah yang melatih pikiran bayi dan membuat otaknya berkembang lebih baik. 
 

3. Meningkatkan Perkembangan Otak
source: http://www.beautifulbreastfeeding.com

 

4. Menenangkan Bayi

Menyusui adalah kesempatan bagi ibu dan bayi untuk terhubung atau meningkatkan bonding dan merupakan cara menenangkan bayi ketika rewel dan takut. Menyusui bisa dilakukan ketika anak terjatuh dan terluka, untuk mengalihkan perhatiannya dari rasa sakit. Di sisi lain, menyusui juga dapat menenangkan ibu. Meski di rumah, ibu memiliki kesibukan luar biasa, seperti mengurus bayi dan membereskan pekerjaan rumah. Nah, menyusui bisa menjadi kesempatan untuk duduk tenang dan bonding bersama bayi. 
 
4. Menenangkan Bayi
source: https://edition.cnn.com

 
baca juga

5. Lebih Praktis

Selain dari sisi nutrisi yang lebih baik, menyusui bayi sampai usianya 1 tahun lebih praktis daripada memberikan susu formula. Saat menyusui, Moms tinggal duduk dan mengarahkan bayi ke payudara untuk menyusu. Berbeda dengan membuat susu formula, di mana Moms harus melakukan beberapa langkah sampai susu tersaji untuk bayi. Plus, menurut beberapa penelitian bayi yang tetap diberikan ASI saat mulai makan makanan padat, popoknya tidak berbau menyengat ketimbang diberi susu formula. 


 
5. Lebih Praktis
source: https://www.babycenter.com

Nah, itu dia beberapa manfaat menyusui sampai bayi berumur 1 tahun. Yuk, pertimbangkan menyusui bayi lebih lama, Moms!