1. Terapi Air Hangat

Salah satu cara efektif untuk mengurangi nyeri pinggul adalah dengan berendam air hangat. Saat berendam atau mandi, pijat dengan lembut bagian yang nyeri. Jika Moms tidak punya waktu untuk berendam, coba lakukan cara sederhana dengan menempelkan botol berisi air hangat di pinggul untuk membantu menyamankan nyeri. 
 
1. Terapi Air Hangat
source: http://parenting.firstcry.com

 

2. Pijat Lembut

Massage atau pijatan dapat meringankan rasa sakit dan nyeri kehamilan. Pijatan pranatal tidak hanya melemaskan otot-otot, tetapi juga membuat pikiran lebih baik karena bisa menghilangkan stres. Luangkan waktu untuk melakukan massage atau pijatan ini ke ahli yang terlatih, sehingga mereka tahu di mana tempat sakit. 

 
2. Pijat Lembut
source: https://www.massagemag.com

 
baca juga

3. Yoga dan Pilates

Olahraga berupa yoga dan pilates ampuh mengurangi rasa sakit pada pinggul dan punggung selama kehamilan. Cobalah bergabung dalam kelas yoga atau pilates yang ada di lingkungan Moms. Sebaiknya pilih jenis yoga dan pilates yang aman dilakukan selama kehamilan ya, Moms! 
 
3. Yoga dan Pilates
source: https://wellroundedny.com

 

4. Berenang

Selain yoga dan pilates, Moms juga bisa meredakan rasa nyeri pada pinggul dengan berenang. Biasanya di trimester ketiga, nyeri pinggul semakin berat akibat perut yang semakin membesar. Berenanglah untuk mengurangi ketegangan pada pinggul dan semua sendi lainnya. Ketika berenang di dalam air, tubuh menjadi terasa ringan, dan hal ini dapat menghilangkan tekanan dari pinggul dan sendi. 
 
4. Berenang
source: https://www.waterwipes.com

 
baca juga

5. Posisi Tidur

Pada trimester akhir, terutama ketika semakin dekat dengan persalinan, tidurlah dengan menghadap satu sisi, sisi kanan atau kiri, sambil menekuk lutut dan kaki. Gunakan bantal untuk menopang perut dan kaki bagian atas agar posisi terasa lebih nyaman. Jika tidur di satu sisi memperburuk rasa sakit pinggul, letakkan selimut atau bantal ke punggung bawah dan tidurlah dengan posisi berlawanan. Ini akan meringankan tekanan pada pinggul. 
 

5. Posisi Tidur
source: https://www.todaysparent.com

Itu dia cara efektif meredakan rasa nyeri pinggul pada ibu hamil. Selamat mencoba, Moms!