Komunikasikan Pada Anak
 

Simak Yuk Moms, Ini Dia Tips Melatih Anak Puasa Sejak Dini
source: https://pressreader.com/


Hal pertama yang harus kamu lakukan sebelum meminta anak untuk ikut berpuasa adalah dengan membicarakan topik mengenai Ramadan dan ibadah-ibadah di dalamnya. Perkenalkan apa itu puasa, mengapa orang berpuasa, apa manfaatnya, dan siapa saja orang yang berpuasa. Perkenalkan dengan cara yang mudah dipahami anak, seperti dengan nyanyian, cerita, atau obrolan sederhana. 
 


Tanyakan Padanya Apakah Ia Ingin Berpuasa
 

Simak Yuk Moms, Ini Dia Tips Melatih Anak Puasa Sejak Dini
source: https://pjlibrary.org/


Jika anak sudah semakin familiar dengan Ramadan dan puasa, lambat laun akan tumbuh rasa penasaran dan keingintahuan anak lebih lanjut mengenai puasa. Apalagi jika seluruh anggota keluarga akan berpuasa, biasanya anak akan lebih semangat dan meminta diri untuk ikut berpuasa. Namun, jika ia masih menutup diri, cobalah untuk menanyakan apakah ia ingin berpuasa.
 

baca juga

Motivasi Anak untuk Berpuasa
 
Simak Yuk Moms, Ini Dia Tips Melatih Anak Puasa Sejak Dini
source: https://www.thoughtco.com/


Selanjutnya, berikan anak motivasi positif untuk berusaha menjalankan ibadah puasa. Jangan berikan motivasi negatif seperti dengan membandingkan ia dengan temannya yang sudah mampu berpuasa satu hari penuh. Ada baiknya untuk menyisipkan nasihat-nasihat mengenai esensi puasa seperti menahan emosi, ego, amarah, serta tetap berperilaku baik dan berkata jujur.
 


Biasakan Anak dengan Rutinitas Ramadan
 

Simak Yuk Moms, Ini Dia Tips Melatih Anak Puasa Sejak Dini
source: https://www.pinterest.com/


Sambil memperkenalkan anak dengan ibadah puasa, cobalah untuk membiasakan anak dengan rutinitas Ramadan. Dimulai dari mengajak anak ikut bangun dan bersantap sahur hingga ikut salat Tarawih berjamaah di masjid. Cara ini dapat membuat anak lebih merasa terikat dengan suasana Ramadan dan ingin ikut berpuasa satu hari penuh.
 

baca juga


Jangan Paksakan Anak
 

Simak Yuk Moms, Ini Dia Tips Melatih Anak Puasa Sejak Dini
source: https://herald.ie/


Belajar membutuhkan proses dan proses membutuhkan waktu. Itulah sebabnya kamu tidak boleh memaksakan anak untuk bisa menahan haus dan lapar dalam periode waktu yang langsung panjang. Berikan waktu untuknya beradaptasi dengan waktu makan yang berubah saat puasa. Cara yang paling banyak dilakukan adalah dengan membiasakan anak berpuasa setengah hari, baru kemudian dilanjutkan hingga Magrib. Akan tetapi, kamu dapat berkomunikasi untuk menentukan kesepakatan puasa dengan si kecil. Yang terpenting, tanamkan esensi puasa yang tidak hanya sekadar menahan haus dan lapar.