Perhatikan Asupan Gizi dan Nutrisi

Harus kamu sadari bahwa ibu menyusui membutuhkan asupan kalori per hari lebih banyak dari wanita pada umumnya. Itulah sebabnya, memerhatikan pola asupan makanan yang bergizi dan bernutrisi sangatlah penting untuk menjaga kebutuhan kalori dan nutrisi ibu dan bayi. Pastikan kamu tetap makan sebanyak tiga kali sehari, yaitu saat berbuka setelah Magrib, sebelum tidur setelah Tarawih, dan saat sahur. 
 

source: https://kompas.com/


 


Perbanyak Minum Air Putih

Selain itu, perbanyaklah asupan air putih untuk menjaga kebutuhan cairan tubuh ibu dan bayi. Setidaknya, kamu harus mengonsumsi 2 liter air putih per hari, ditambah dengan asupan jus, susu, dan air madu. Susu juga tidak boleh absen untuk kamu konsumsi saat sahur karena penting untuk mencegah anemia pada ibu menyusui. Selain itu, upayakan untuk tidak minum minuman yang dingin. Minuman hangat akan lebih bermanfaat untuk memperlancar ASI.
 

source: https://www.wartapilihan.com/


 

baca juga


Istirahat Cukup

Menyusui ternyata juga menguras banyak energi ibu. Itulah sebabnya rasa lemas pasti akan kamu rasakan ketika harus puasa sambil menyusui. Jika memang kamu sudah tidak lagi tahan dengan kondisi lemas yang disertai pusing dan mata berkunang, segera batalkan puasa. Namun, jika kamu masih merasa kuat, beristirahatlah untuk memulihkan energi. Meskipun begitu, jangan pernah menghentikan pemberian ASI karena hisapan bayi pada payudara akan memperbanyak produksi ASI.
 

source: http://www.familyguideindonesia.com/


 


Yakin dan Berpikir Positif

Jika kamu memang sudah mempersiapkan diri untuk berpuasa sambil menyusui, teruslah yakin dan berpikir positif agar tubuhmu juga bekerja dengan optimal. Rasa khawatir dan cemas akan menghambat kerja dari kerja hormon oksitosin yang berfungsi mengeluarkan ASI dari payudara. Jadi, tetap yakin dan berpikir positif adalah kunci untuk bisa membangun energi tubuh yangjuga positif.
 

source: https://family.fimela.com/


 

baca juga


Konsumsi Madu, Kurma dan Habbtussauda

Terakhir, lengkapi nutrisimu dengan beragam asupan yang dapat berfungsi sebagai ASI booster. Seperti misalnya dengan meminum madu, memakan kurma dan mengonsumsi habbatussauda. Ketiga nutrisi ini mampu memenuhi kebutuhan vitamin dan gizi untuk ibu sehingga produksi ASI tetap lancar dan berkualitas.
 

source: http://oldeuropeanculture.blogspot.com/


Itulah beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk memperlancar produksi ASI saat puasa. Semoga bermanfaat, Moms!