Makna Sanctimommy

Istilah sanctimommy sendiri berasal dari kombinasi dua kata, yakni "sanctimonious" dan "mommy". Sanctimonious dikenal sebagai istilah yang menggambarkan seseorang yang menganggap dirinya suci dan selalu benar, sementara orang-orang lain dianggapnya selalu salah serta keliru. Istilah sanctimommy sendiri mulai populer baru-baru ini.
 

source: https://timedotcom.files.wordpress.com/2014/08/confidence-woman.jpg

Ciri Sanctimommy

Sebelum menuduh Moms lain sebagai sanctimommy, ada baiknya Moms menilai diri sendiri. Berikut ini adalah ciri sanctimommy yang mudah dikenali:

  • Nyinyir di media sosial figur publik atau orang lain mengenai pola asuh atau cara parenting.
  • Berbagi informasi dalam bentuk blog atau broadcast message mengenai suatu cara parenting dan menekankan bahwa hanya cara parenting tersebutlah yang benar.
  • Bersikap menggurui mengenai cara parenting yang menurutnya benar saat mendengar cerita Moms lain mengenai pola asuh yang berbeda.
  • Kerap menyalahkan sikap dan cara asuh Moms lain dalam hal apapun, meskipun hanya di dalam hati
source: https://d2v9y0dukr6mq2.cloudfront.net/video/thumbnail/VWWAFy05eikrfulkr/videoblocks-portrait-of-confident-female-feeling-disgust-listening-about-something-awful-expressing-rejection-and-dislike-with-gesture-over-blue-background-concept-of-emotions_hrpscomsz_thumbnail-full01.png
baca juga

Agar Tidak Menjadi Sanctimommy

Bagi seorang sanctimommy hanya terdapat satu cara parenting yang benar, yakni caranya. Sanctimommy sulit untuk memahami bahwa ada banyak pola asuh terbaik yang dapat dipilih para Moms sesuai dengan keadaan dan kebutuhannya masing-masing. Terdengar menyebalkan ya, Moms, para sanctimommy ini? Agar Moms tidak menjadi seorang sanctimommy, ada lho kiat-kiat yang bisa dipraktekkan sehari-hari, seperti berikut:

1.Tawarkan Bantuan
Jika melihat Moms lain melakukan hal yang salah, mengaitkan strap pada car seat-nya di posisi yang tidak tepat sehingga bisa membahayakan bayi misalnya, tak perlu disindir atau disalahkan. Langsung saja hampiri dan tawarkan bantuan untuk membetulkan letak strap tersebut. Membantu dan mencontohkan dengan tindakan jauh lebih baik dibandingkan hanya menyalahkan.

2. Hindari Asumsi
Dalam hal apapun, asumsi umumnya berujung pada kekeliruan. Jika Moms mendapati suatu hal yang mengganggu dalam cara parenting Moms lain, cobalah selalu memahami bahwa semua orang mengalami situasi dan keadaan yang berbeda dari Moms. Tidak ada Moms yang sempurna. Lagipula, dalam keadaan normal, tentunya tidak ada Moms yang sengaja mencelakakan buah hatinya, bukan?
 
3. Tidak Perlu Berdebat
Jika Moms 'diserang' oleh sanctimommy, mendebatnya hanya akan menjadikan Moms seorang sanctimommy juga. Maka sikap yang paling tepat dilakukan hanyalah tersenyum dan tidak perlu digubris. Bagaimanapun, Moms yang paling tahu mengenai buah hati dan cara terbaik dalam mengasuhnya, bukan?
 
 

source: http://cdn2.momjunction.com/wp-content/uploads/2014/05/feeling-shy.jpg