Kondisi Saat Haid


Menstruasi atau haid adalah kondisi di mana seorang wanita mengalami perubahan psikologis secara berkala. Hal ini dipengaruhi oleh hormon reproduksi, yaitu esterogen dan progesteron. Kedua hormon inilah yang akan menyebabkan dinding rahim menjadi luruh dan mengeluarkan sel telur yang tidak dibuahi berupa darah. Selama periode inilah, biasanya kamu merasa tidak nyaman, terutama pada bagian perut.

Hal ini dapat dihindari dengan asupan makanan dan minuman yang tepat dikonsumsi selama haid. Sebaliknya, sebaiknya kamu menghindari beberapa jenis makanan dan minuman untuk menghindari rasa tidak nyaman selama haid.

source: https://endometriosisnews.com


Minuman yang Harus Dihindari Saat Haid


Kopi

Kopi dipercaya dapat menambah energi dan menghilangkan rasa kantuk. Namun bagi kamu yang sedang datang bulan atau haid, sebaiknya hindari mengonsumsi kopi. Kandungan kafein yang tinggi pada kopi dapat menyebabkan kadar esterogen di dalam tubuh menjadi tinggi.

Kadar estrogen yang tinggi akan memicu kanker payudara dan menebalkan lapisan dinding rahim, sehingga merusak sel telur dan menyebabkan kanker endometrium. Selain kanker, kopi juga dapat menyebabkan kram perut dan gangguan pada denyut jantung.

source: https://gaya.tempo.co
baca juga

Minuman Dingin

Pada saat haid, sebaiknya hindari minuman dingin, karena minuman ini dapat menyebabkan kontraksi rahim berhenti. Faktanya, saat haid rahim harus terus bekerja dengan cara berkontraksi agar mengeluarkan semua darah yang ada sampai tuntas. Minuman dingin akan memicu rentang waktu haid lebih pendek, namun tentu tidak semua darah dikeluarkan sampai bersih.

Darah yang tertinggal inilah sebagai pemicu kanker pada rahim. Kontraksi yang berhenti seketika juga akan membuat perut menjadi kram dan kaku. Jika kamu mengonsumsi minuman dingin saat haid dalam jangka panjang, kamu akan terkena obesitas. Hal ini disebabkan karena adanya penumpukan lemak. Oleh sebab itu, hindari semua minuman berbahaya yang menggunakan es batu atau yang dingin ya.

source: http://tipskeren.com

Minuman Manis

Biasanya saat haid, kondisi emosional tidak menentu. Untuk mengatasi hal ini, ternyata banyak wanita mencari solusi dengan mengonsumsi berbagai minuman manis sebagai pereda emosi. Minuman manis yang mengandung pemanis buatan ini tidak baik bagi kesehatan.

Minuman jenis ini akan menambah deretan masalah pada perut. Seperti misalnya perut kembung, nyeri haid sampai kram perut. Daripada mengonsumsi minuman dengan pemanis buatan, lebih baik kamu mengonsumsi buah-buahan yang mengandung gula alami.

source: http://www.netralnews.com
baca juga

Alkohol dan Soda

Salah satu minuman berbahaya yang harus dihindari adalah minuman beralkohol dan minuman yang mengandung soda. Minuman jenis ini akan berdampak pada kelainan reproduksi. Hal ini disebabkan karena pengaruh alkohol terhadap pengaturan hormon dari sistem reproduksi yang akan menimbulkan menopause secara cepat, siklus haid tidak teratur dan siklus haid tanpa ovulasi.

Sama halnya dengan minuman beralkohol, minuman bersoda juga membahayakan. Soda yang mengandung bahan kimia dan gas ini, akan berisiko meningkatkan gas pada lambung, sehingga menimbulkan asam lambung serta permasalahan pada pencernaan. Sebab itu hindari minuman beralkohol dan minuman bersoda, karena minuman jenis ini merupakan minuman berbahaya.

source: http://www.cintamela.com


Minuman yang Disarankan Saat Haid


Saat haid, tubuh kekurangan banyak cairan akibat darah yang keluar dari dalam tubuh. Selain itu, saat haid biasanya tubuh merasa lemah dengan tingkat emosi yang tidak stabil. Sebab itu tubuh perlu nutrisi yang cukup agar tetap sehat dan bugar. Berikut adalah jenis minuman yang disarankan:

  • Air putih hangat
  • Yogurt
  • Susu rendah lemak (seperti susu non pemanis, susu kedelai dan susu beras)
  • Teh hijau
  • Minuman tradisional untuk memperlancar haid seperti asam jawa dan kunyit asam
source: http://zonamakan.blogspot.co.id

Artikel dari: http://beautynesia.id/14748