1. Praktek, Praktek dan Praktek

Practice makes perfect! Terus latih anak untuk berpuasa. Cara mendidik anak untuk puasa bisa dimulai dari hal-hal sederhana, seperti membangunkan anak untuk ikut sahur, menantangnya untuk berpuasa setengah hari dulu, ataupun tidak makan tapi tetap memberinya minum jika anak meminta. Latihan berpuasa yang dilakukan secara konsisten, pasti akan menunjukkan hasil. Mulai dari melewati puasa setengah hari, sampai anak bisa berpuasa penuh satu hari. 
 
1. Praktek, Praktek dan Praktek
source: https://www.nunn.asia

 

2. Tetapkan Tujuan

Jelaskan kepada anak apa itu berpuasa, bukan hanya tentang tidak makan dan minum saja namun lebih banyak beramal dan tidak melakukan hal-hal tidak baik. Jika anak tahu tujuan puasa, maka ia akan mencoba dan tertantang menyelesaikannya. 
 
2. Tetapkan Tujuan
source: http://www.antyawalan.com

 
baca juga

3. Beri Hadiah

Alternatif lain untuk mendorong anak puasa adalah dengan menawarkan hadiah untuk setiap puasanya. Beri hadiah seperti bermain bersama, menonton film favorit, jalan-jalan dan sebagainya. Hindari dulu memberi hadiah berupa mainan dan makanan, karena akan menanamkan pola pikir anak tentang hadiah berupa benda. 

 
3. Beri Hadiah
source: http://www.momjunction.com

 

4. Ajak Anak Terlibat

Ajak anak terlibat dalam segala hal yang berhubungan dengan puasa. Contohnya mengatur meja makan untuk sahur dan buka puasa. Membuat anak terlibat akan menumbuhkan pemahaman yang lebih baik tentang seluk beluk puasa dan akan memudahkannya terbiasa menyesuaikan diri dengan ritme puasa. 
 
4. Ajak Anak Terlibat
source: http://chichomemom.blogspot.co.id

 
baca juga

5. Ajak Anak Berbuka Puasa Bersama

Meski anak hanya berpuasa setengah hari, tapi tetap ajak ia buka puasa bersama-sama. Hal ini akan membantunya memahami sunnah puasa. Dari sana pula, kamu bisa mulai mengajari anak doa buka puasa. Di hari-hari berikutnya, minta anak untuk berlatih berpuasa penuh, sehingga bisa merasakan kenikmatan berbuka puasa, setelah berpuasa satu hari.
5. Ajak Anak Berbuka Puasa Bersama
source: https://www.shutterstock.com

 

6. Jadilah Teladan yang Baik

Anak-anak memandang orangtua sebagai panutan. Oleh karena itu, jadilah teladan yang baik dalam hal apapun, termasuk berpuasa. Konsistenlah menjalani puasa penuh selama bulan Ramadan. Bukan hanya mencontoh berpuasa makan dan minum, tetapi tunjukkan keindahan Ramadan melalui kata-kata dan tindakan yang baik setiap hari. 
 
6. Jadilah Teladan yang Baik
source: http://fasting-academy.com

Nah, itu dia beberapa trik mendidik anak untuk berpuasa. Semoga berhasil ya, Moms!