Memilih susu formula yang tepat untuk anak bisa dibilang susah-susah gampang. Namun, salah memilih susu formula justru bisa membahayakan kesehatan anak lho, salah satunya alergi. Oleh karena itu, sebelum memberikan susu formula sebaiknya ketahui dahulu mana susu formula yang tepat untuk sang buah hati.

1. Susu Formula dari Susu Sapi
Sebagian susu formula memang berasal dari susu sapi. Umumnya mengandung protein, karbohidrat serta lemak yang baik untuk pertumbuhan anak. Tak hanya itu, protein dalam susu formula biasanya sudah mengalami perubahan sehingga mudah dicerna oleh anak. Namun, ada banyak anak yang ternyata alergi susu sapi atau intolernasi laktosa. Karena itu, pentingnya ibu mengetahui terlebih dahulu apakah Si Kecil alergi susu sapi atau tidak.
 

source: https://www.pinterest.com


2. Susu Formula dari Susu Kedelai
Biasanya anak yang mengalami alergi susu sapi membutuhkan susu formula yang berasal dari susu kedelai. Ibu tak perlu khawatir soal kandungannya, karena susu kedelai memiliki kandungan yang tak kalah dengan susu sapi. Beberapa dokter juga akan menyarankan agar anak yang mengalami alergi susu sapi untuk menggantinya dengan susu kedelai.
 

source: http://ongbachau.vn/
baca juga


3. Susu Formula Bebas Laktosa
Jenis susu formula ini tidak mengandung laktosa atau kandungan gula yang ada di dalam susu pada umumnya. Namun, biasanya gula akan diganti dengan jenis gula lain seperti sirup jagung salah satunya. Susu formula jenis ini biasanya disarankan untuk anak yang mengalami intoleransi laktosa agar dapat mencerna laktosa.
 

source: http://www.mybaby.co.id


4. Susu Formula Hipoalergenik
Apa itu susu formula hipoalergenik? Susu formula jenis ini mengandung protein namun sudah dipecah menjadi lebih kecil sehingga dapat dengan mudah dicerna oleh anak. Biasanya, susu formula ini diberikan untuk bayi prematur.
 

source: http://kienthuc.net.vn/
baca juga


Lalu, mana yang harus ibu pilih untuk Si Kecil?

Ya, itu tergantung dengan kebutuhan anak. Jika memang anak tidak memiliki masalah apapun berikan susu formula yang berasal dari susu sapi. Namun, jika ternyata anak mengalami alergi susu sapi, sebaiknya berikan susu formula dari susu kedelai atau yang bebas laktosa. Dan jika anak kamu, lahir prematur berikanlah susu formula hipoalergenik.
 

source: http://www.today.com/


Bagaimana cara untuk mengetahui apakah kamu sudah memilih susu formula yang tepat untuk anak?

Perlu diperhatikan, jika anak mengalami tanda-tanda seperti diare, muntah, rewel dan lemah. Itu berarti kamu belum tepat memberikan susu formula kepada anak. Namun, jika tidak ditemukan tanda-tanda demikian dan si kecil terlihat sehat, berarti susu formula yang kamu berikan tepat.