Bayi Usia 1 Bulan: Boneka Hewan

Untuk bayi 1 bulan, Moms bisa membelikan mainan bayi jenis boneka yang bisa dipeluk bayi, misalnya boneka hewan. Pastikan boneka tersebut aman dan steril diberikan untuk bayi usia 1 bulan ya, Moms. Mainan boneka tersebut dapat Moms gunakan untuk menarik perhatian dan menstimulasi kemampuan melihat bayi. 
 
source: http://www.therightonmom.com

 

Bayi Usia 2 Bulan: Mainan Digantung

Nah, di usia 2 bulan, mainan anak bayi yang perlu Moms persiapkan adalah mainan yang dapat digantung, misalnya digantung di stroller atau di crib. Bayi usia 2 bulan memiliki waktu tidur yang cukup lama. Ketika terbangun ia akan segera melihat mainan yang bergoyang-goyang di atasnya. Begitupun saat di dalam stroller, perhatian bayi terallih ke mainan yang bergoyang. 
 
source: https://www.pbfingers.com

 
baca juga

Bayi Usia 3 Bulan: Mainan Musik

Di usia 3 bulan, belikan mainan anak bayi yang bisa mengeluarkan bunyi atau musik dengan irama yang teratur. Pastikan bunyi mainan tersebut tidak memekakkan telinga karena indra pendengaran bayi masih sangat sensitif. Mainan elektronik yang memakai baterai ini bisa diberikan kepada bayi tetap dalam pengawasan ya, Moms! 
 
source: https://www.pbfingers.com

 

Bayi Usia 4 Bulan: Bola Gemericing

Di usia 4 bulan, kemampuan motorik bayi semakin berkembang dan berusaha meraih benda. Untuk menstimulasi kemampuan bayi, coba berikan mainan berbentuk seperti bola tapi mudah digenggam. Saat digerakkan, mainan tersebut mengeluarkan bunyi gemericing. 
 
source: https://www.pbfingers.com

 
baca juga

Bayi Usia 5 Bulan: Baby Jumper

Di usia 5 bulan, bayi biasanya sudah mulai belajar duduk. Untuk mendukungnya, Moms bisa membelikan bayi baby jumper. Sembari duduk, bayi juga bisa berayun-ayun naik turun. Pastikan di setiap sisi baby jumper, terdapat mainan bayi yang bisa dipegang dan dimainkan si kecil ya, Moms! 
 
source: https://www.skiphop.com

 

Bayi Usia 6 dan 7 Bulan: Boneka Besar

Di usia 6 bulan, bayi biasanya lebih suka bermain-main di lantai sembari mencoba merangkak. Untuk menemaninya bermain di lantai berikan mainan berupa boneka berukuran cukup besar dan berwarna terang. 
 
source: https://www.pbfingers.com

 

Bayi Usia 8 Bulan: Mainan Teether

Berikan mainan teether kepada bayi saat usianya 8 bulan. Mainan ini bermanfaat untuk menyamankan bayi yang sedang tumbuh gigi. Mainan teether akan digigit-gigit dan menghilangkan rasa sakit pada gigi yang sedang tumbuh. 
 
source: https://www.littleearthnest.com.au

 

Bayi Usia 9 Bulan: Buku Bergambar

Meski bayi belum bisa membaca, namun Moms sudah bisa mengenalkan bayi buku. Pilih buku bergambar dan berwarna cerah, agar ia tertarik melihat-lihat gambar tersebut. 
 
source: https://www.pbfingers.com

 

Bayi Usia 10 Bulan: Push Walker

Saat Moms membelikan push walker untuk membantu bayi berdiri dan berjalan. Sudah banyak push walker yang didesain seperti mainan, misalnya bisa mengeluarkan bunyi dan dilengkapi dengan hiasan hewan ataupun benda-benda lain. Selain didorong-dorong, bayi bisa duduk manis sambil memainkan push walkernya. 
 
source: https://www.pbfingers.com

 

Bayi Usia 11 Bulan: Drum Set

Mainan anak bayi untuk usia 11 bulan adalah alat musik yang bisa mengeluarkan bunyi, misalnya drum set yang dipukul. Bayi akan tertarik memukul-mukul drum karena penasaran dengan bunyi yang dihasilkan saat dipukul. Mainan ini akan mengembangkan kemampuan motorik bayi. 
 
source: https://www.pbfingers.com

 

Bayi Usia 12 Bulan: Mobil-mobilan

Sebagai hadiah ulang tahun pertama si kecil, Moms bisa membelikan si kecil mobil-mobilan berukuran agak besar dan bisa diduduki bayi. Mobil-mobilan ini digunakan bayi dengan duduk di atas dan menggerakkannya dengan kakinya. Hal ini akan melatih kekokohan kaki bayi sebelum bisa berjalan. 
 
source: https://www.pbfingers.com

Nah, itu dia beberapa jenis mainan anak bayi 0-12 bulan, Moms!