Alergi adalah kondisi dimana tubuh merespon suatu zat seperti makanan, obat atau bahan kimia secara berlebihan. Biasanya alergi yang dialami sejak masih anak-anak akan terbawa hingga ia dewasa. Oleh karena itu, pentingnya para orangtua mengetahui bahwa anak memiliki alergi atau tidak untuk mengantisipasi. Karena pada beberapa kasus ada anak yang hampir kehilangan nyawanya akibat alergi.
 
Nah, berikut adalah jenis-jenis alergi pada anak dan bahayanya jika tidak diatasi dengan tepat:

1. Alergi Debu
Alergi yang satu ini paling banyak dialami oleh anak-anak. Debu memiliki jutaan bakteri yang dapat dengan mudah menyerang anak. Terlebih lagi debu ada di mana pun. Jika Si Kecil terlihat bersin yang tidak berhenti-henti atau hingga mengalami kesulitan bernapas, tandanya ia mengalami alergi debu. Oleh karena itu, rajinlah membersihkan rumahmu hingga terhindar dari debu.
 

source: http://image.thepaper.cn


2. Alergi Makanan
Beberapa makanan seperti susu, telur, ikan, seafood dan lainnya merupakan jenis makanan yang menjadi penyebab alergi pada anak. Anak yang mengalami alergi makanan harus sangat diperhatikan makanannya untuk menghindari makanan yang membuatnya alergi. Karena selain membuat anak menjadi gatal-gatal juga dapat menyebabkan anak mengalami muntah, sakit perut, sesak napas dan bahkan kematian jika alergi sudah sangat parah.
 

source: https://i.cbc.ca
baca juga


3. Alergi Hewan Peliharaan
Hewan berbulu seperti kucing dan anjing adalah jenis hewan yang umumnya dapat menyebabkan alergi pada anak. Anak yang mengalami alergi hewan peliharaan rentan mengalami masalah pada pernapasan, seperti asma. Pemicunya disebabkan oleh bulu hewan. Karena itu, hindarilah hewan peliharaan berbulu di rumah kamu.
 

source: http://sovetclub.ru


4. Alergi Serangga
Sengatan serangga akan menyebabkan tubuh menjadi bengkak, kemerahan dan juga gatal pada area yang digigit. Namun, bagi anak yang mengalami alergi sengatan serangga akan menimbulkan reaksi yang lebih parah yang bahkan dapat mengancam jiwanya seperti kehilangan kesadaran, sesak nafas berat, ruam kulit yang sangat parah, mual dan muntah serta pembengkakan saluran pernafasan yang akan membuat si kecil mengalami kesulitan bernafas.
 

source: http://mamaclub.kz
baca juga


5. Alergi Obat
Alergi jenis ini termasuk ke dalam jenis alergi yang banyak tidak diketahui oleh para orangtua. Ada beberapa kasus dimana anak mengalami muntah, kejang-kejang, kesulitan bernafas dan juga kehilang kesadaran sehabis mengonsumsi obat yang dibeli sang ibu di warung. Setelah dibawa ke dokter ternyata anak alergi terhadap salah satu kandungan pada obat tersebut. Oleh sebab itu, periksakanlah terlebih dahulu ke dokter untuk mengetahui apa sang buah hati mengalami alergi obat atau tidak.
 

source: http://www.healthywomen.org