1. Daun Katuk

Seperti Moms ketahui, daun katuk memang terbukti dapat melancarkan produksi ASI (air susu ibu) secara maksimal, terutama untuk para ibu yang menyusui anak pertama. Daun katuk di Indonesia memang telah tercatat sebagai sediaan fitofar dalam bidang kesehatan yang dimanfaatkan untuk dijadikan berbagai jenis obat. Daun katuk tidak hanya di kemas dalam bentuk kapsul, tablet akan tetapi dijadikan campuran dalam makanan yang bergizi bagi ibu menyusui.

4 Makanan Ini Bisa Bikin ASI Moms Lancar dan Berlimpah!
source: http://indonesian-medan-food.blogspot.com

2. Ikan Salmon

Ikan salmon merupakan salah satu makanan terbaik bagi ibu menyusui, karena ikan ini syarat akan lemak baik yang disebut DHA. Diketahui DHA sangat penting untuk perkembangan sistem saraf bayi kamu lho moms. Memang semua ASI mengandung DHA, tetapi tingkat nutrisi penting ini lebih tinggi dalam ASI yang mendapatkan DHA tambahan dari makanan lain seperti ikan salmon salah satunya. Selain itu DHA dalam ikan salmon juga dapat membantu memperbaiki mood sehingga mengurangi risiko terkena baby blues.

4 Makanan Ini Bisa Bikin ASI Moms Lancar dan Berlimpah!
source: https://www.seriouseats.com
baca juga

3. Edamame

Edamame merupakan salah satu super foods yang kaya akan vitamin A, vitamin C, serat, dan protein. Edamame ini satu-satunya sayuran yang dapat memberikan moms 9 asam amino esensial yang juga dapatkan dari daging ataupun telur. Selain itu kandungan dalam edamame sangat baik untuk menambah produksi ASI seperti vitamin K, asam folat, vitamin C, riboflavin, zat besi, magnesium, fosfor, dan kalium. Tentunya ini sangat bagus untuk memenuhi kebutuhan protein harian ibu menyusui yang mencapai 65 gr.

4 Makanan Ini Bisa Bikin ASI Moms Lancar dan Berlimpah!
source: http://keepfitkingdom.com

4.  Kacang Hijau

Sudah banyak yang membuktikan bahwa kacang hijau dipercaya sebagai booster asi. Kacang hijau mengandung asam folat, vitamin B1, B6, kalsium, magnesium, zat besi, dan protein. Jika moms bosan minum air putih, kamu bisa minum air rebusan kacang hijau. Bubur kacang hijau bisa disajikan sebagai menu sarapan atau cemilan sore yang lezat dan bergizi tentunya. Selain kacang hijau, Moms juga bisa rutin mengonsumsi roti gandum untuk sarapan pagi segari-hari. Roti gandum banyak mengandung asam folat dimana asam folat adalah nutrisi penting dalam ASI yang dibutuhkan untuk kesehatan si kecil dan ibu menyusui. 

4 Makanan Ini Bisa Bikin ASI Moms Lancar dan Berlimpah!
source: https://www.herbalnesia.id