Apa Penyebab Sembelit Pada Anak?

Menurut Ikatan Dokter Anak Indonesia, sebab utama konstipasi fungsional sebenarnya adalah adanya riwayat trauma sebelumnya saat berhajat, bisa karena nyeri karena tinja yang keras, atau karena toilet fobia yaitu ketakutan ke toilet akibat toilet yang jorok, ada kecoa, bau, dan lain-lain. Akibat trauma tersebut anak menahan tinjanya dan tidak mau berhajat.

Karena ditahan, tinja akan semakin keras karena air diserap oleh dinding usus, sehingga saat anak berusaha untuk BAB semakin terasa sakit, karena sakit semakin ditahan oleh si anak, sehingga keadaan tersebut menjadi seperti lingkaran setan. 

Mengapa Bisa Terjadi Konstipasi Pada Anak? Ini Penyebabnya!
source: https://freepik.com

Bagaimana Cara Menangani Sembelit pada Anak?
 

  1. Pada tahap awal kita harus mengevakuasi tinja yang sudah menumpuk berhari-hari di dalam usus besarnya. Namun, bila tinja yang menumpuk tidak terlalu banyak, evakuasi juga bisa dilakukan dirumah dengan cara pemberian obat supositoria (obat yang dimasukkan lewat anus).
  2. Tahap kedua adalah pengobatan terus menerus yang harus diberikan paling sedikit 2 minggu, bahkan kadang-kadang sampai 1 sampai 3 bulan. Pengobatan ini bertujuan mencegah tinja supaya tidak keras dan memutuskan lingkaran setan yang membuat anak menahan tinjanya. Pengobatan terus-menerus ini dilakukan dengan cara memberikan cairan yang cukup paling tidak 1 liter sehari, pemberian serat yang cukup, pijatan di perut searah dengan jarum jam untuk merangsang gerakan usus besar, toilet training serta obat pencahar yang aman diberikan jangka panjang. 
  3. Tahap ketiga yang tidak kalah pentingnya adalah mencari penyebab dari konstipasi tersebut.
Mengapa Bisa Terjadi Konstipasi Pada Anak? Ini Penyebabnya!
source: http://www.newkidscenter.com
baca juga

Untuk mencegah anak sembelit, sebaiknya moms memberikan makanan yang kaya serat, seperti sayur-sayuran dan buah-buahan, sebagai cara utama mencegah anak sembelit. Makanan kaya serat akan lebih mudah dicerna dan menjaga kesehatan usus karena mempermudah pergerakan usus. Pilihlah serat yang sulit larut yang berasal dari gandum dan sayuran hijau tua, karena kualitasnya lebih padat sehingga memudahkan usus untuk menggerakan usus ya Moms. 

Mengapa Bisa Terjadi Konstipasi Pada Anak? Ini Penyebabnya!
source: https://freepik.com