1. Tentukan Negara Tujuan

Hal pertama yang harus Moms lakukan sebelum melakukan traveling dengan bayi adalah dengan menentukan tujuan dan ketahui kondisi serta musim di negara tersebut pada saat itu. Untuk menentukan tujuan, kamu perlu mengetahui lebih dulu kondisi negara yang akan dikunjungi, mulai transportasi, hingga keamanan negara tersebut. Kemudian mulailah untuk mencari tempat penginapan atau hotel yang ramah anak dan berada di tengah kota agar Moms dekat dengan supermarket jika membutuhkan sesuatu untuk Si kecil. 

Tak Perlu Pusing Traveling ke Luar Negeri Bersama Bayi, Ini Tipsnya!
source: https://familyvacationcritic.com

2. Perlengkapan Bayi

Perlengkapan bayi tentunya tidak sedikit, dari mulai pakaian, sepatu, baju hangat, makanan, obat-obatan, alat-alat mandi, hingga mainan kesukaan mereka. Semua perlengkapann tersebut jangan lupa untuk masuk ke koper ya Moms. Selain itu Moms juga harus membawa perlengkapan selama di penerbangan di pesawat seperti popok, tisu basah, air panas untuk susu, camilan bayi, baju cadangan, nursing apron atau celemek menyusui, mainan, dan selimut bayi. Antisipasi juga jika terjad idelay, karena di beberapa penerbangan internasional dilarang untuk membawa cairan ke dalam kabin pesawat, namun tidak berlaku untuk khusus makanan dan susu bayi. 
 

Tak Perlu Pusing Traveling ke Luar Negeri Bersama Bayi, Ini Tipsnya!
source: https://dreamstime.com
baca juga

3. Stroller is a must

Stroller alias kereta bayi merupakan salah satu item perlengkapan bayi yang tidak boleh tertinggal. Ingat, Moms dan keluarga traveling untuk bersenang-senang, jadi jangan sampai Moms atau suami kelelahan karena terlalu sering menggendong Si kecil. Dengan menggunakan stroller bayi akan lebih nyaman dan tidak kelelahan karena terlalu banyak digendong. Selain itu pilihlah stroller yang simpel dan tidak terlalu besar agar mudah untuk dibawa. 

Tak Perlu Pusing Traveling ke Luar Negeri Bersama Bayi, Ini Tipsnya!
source: http://www.thesweetestthingblog.com

4. Itinerary Lengkap

Itinerary atau rencana perjalanan? Ada baiknya Moms membuatnya untuk memudahkan Moms ketika berjalan-jalan di luar negeri. Pentingnya membuat itinerary sebelum melakukan wisata adalah agar waktu Moms di sana tidak terbuang dengan sia-sia karena mencari-cari tempat wisata mana saja yang akan dikunjungi. Selain itu penting juga untuk mencatat akomodasi yang akan digunakan di sana, seperti alamat lengkap tujuan wisata dan kendaraan apa yang akan digunakan lengkap dengan harga tiketnya. Dengan begitu Moms dan keluarga akan  lebih mudah berjalan-jalan tanpa harus bingung mencari-cari alamat dan tujuan wisata. 

Tak Perlu Pusing Traveling ke Luar Negeri Bersama Bayi, Ini Tipsnya!
source: https://travelmadmum.com