1. Atur Pola Makan

Mengonsumsi makanan yang berlebihan yang berarti jumlah kalori yang dibutuhkan tubuh jumlahnya berlebih. Apabila konsumsi makanan yang berlebihan tidak diimbangi oleh sekresi insulin dalam jumlah yang cukup akan menyebabkan kadar gula dalam darah meningkat. Oleh sebab itu Moms wajib menjaga pola hidup sehat dengan mengonsumsi makanan tinggi nutrisi dan serat seperti sayur dan buah. 

source: https://freepik.com

2. Rutin Kontrol Gula Darah 

Untuk menghindari terjadinya diabetes gestasional selama masa kehamilan, ada baiknya Moms rutin mengontrol kadar gula darah. Usahakan gula darah Moms selalu dalam keadaan normal. Oleh sebab itu dianjurkan untuk menjalani pola hidup sehat dan mengonsumsi sayur dan buah. 

source: https://freepik.com
baca juga

3. Kontrol Kenaikan Berat Badan

Kenaikan berat badan ibu hamil untuk mencegah diabetes gestasional dianjurkan sekitar 1-2.5 kg pada trimester pertama dan selanjutnya rata-rata 0.5 kg setiap minggu. Sampai akhir kehamilan, kenaikan berat badan ibu hamil yang dianjurkan tergantung status gizi awal ibu hamil (ibu BB kurang 14-20 kg, ibu BB normal 12.5-17.5 kg dan ibu BB lebih/obesitas 7.5-12.5 kg) . Untuk menjaga berat badan tidak melonjak drastis, konsumsilah makanan sehat seperti daging tanpa lemak, ayam yang merupakan sumber protein yang baik dan aman bagi ibu hamil untuk dikonsumsi. Hindari ikan kalengan karena tingkat merkuri yang tinggi. 

source: https://freepik.com

4. Tingkatkan Asupan Protein

Untuk mencegah diabetes gestasional pada ibu hamil, asupan protein sangat penting dijaga lho Moms selama masa kehamilan. Protein merupakan bagian penting dari diet yang sehat, dan menyediakan banyak vitamin B untuk membantu mencegah cacat lahir. Selain itu hindari tepung putih seperti gula, tepung kentang dan pasta. Jika ingin mengonsumsi, makanlah secara terbatas, jangan berlebihan.

source: https://freepik.com