Periksa Kondisi Kesehatan Menjelang Ramadhan
 

Agar Tetap Fit dan Fresh, Ini Dia Tips Menjaga Stamina Tubuh Selama Puasa
source: https://misteraladin.com/


Hal pertama yang bisa kamu lakukan pertama adalah dengan memeriksa kondisi kesehatan ke dokter. Apalagi jika kamu, pasangan, atau si kecil baru saja sembuh dari penyakit. Pastikan untuk memeriksa kondisinya apakah sudah benar-benar fit untuk menjalani ibadan puasa selama satu bulan. Tanyakan pula saran untuk pola makan, asupan penting, dan obat serta multivitamin yang harus kamu konsumsi. 
 


Berlatih Berpuasa Menjelang Ramadhan
 

Agar Tetap Fit dan Fresh, Ini Dia Tips Menjaga Stamina Tubuh Selama Puasa
source: http://tanyaapk.blogspot.com/


Kamu pasti sering mendengar bahwa Ramadhan adalah bulan untuk berlomba-lomba dalam beribadah. Untuk dapat menjalankan serangkaian ibadah dengan baik, tidak ada salahnya untuk mulai membiasakan diri kembali dengan berlatih berpuasa. Tidak ada salahnya untuk berpuasa senin kamis menjelang Ramadhan sehingga tubuhmu siap untuk berpuasa.
 

baca juga


Rutin Berolahraga
 

Agar Tetap Fit dan Fresh, Ini Dia Tips Menjaga Stamina Tubuh Selama Puasa
source: http://dream.co.id/


Tidak bisa dipungkiri, kestabilan metabolisme tubuh ternyata dipengaruhi oleh keaktifan kita dalam bergerak. Itulah sebabnya, olahraga sangat penting untuk dilakukan dalam memperlancar peredaran darah dan oksigen dalam tubuh. Karena itu, lakukan olahraga secara rutin menjelang Ramadhan dan lakukan pula olahraga ringan selama Ramadhan seperti jalan sore, yoga, atau sekadar bersepeda menjelang waktu berbuka puasa.
 


Konsumsi Makanan Bergizi
 

Agar Tetap Fit dan Fresh, Ini Dia Tips Menjaga Stamina Tubuh Selama Puasa
source: https://detik.net.id/


Tidak lupa, asupan nutrisi dan gizi dari menu sahur dan berbuka juga harus kamu perhatikan. Pastikan semua menu yang tersedia memenuhi kebutuhan protein, karbohidrat, lemak, serat, kalsium, vitamin, dan mineral yang diperlukan tubuh. Hati-hati juga dalam memilih sumber karbohidrat. Upayakan untuk memilih makanan dengan karbohidrat kompleks sehingga kamu tidak mudah lapar saat berpuasa. Di samping itu, perbanyak asupan protein sebagai sumber energi agar tetap segar.
 

baca juga


Penuhi Kebutuhan Cairan Tubuh
 

Agar Tetap Fit dan Fresh, Ini Dia Tips Menjaga Stamina Tubuh Selama Puasa
source: http://referensidunia.blogspot.com/


Tidak lupa, penuhi kebutuhan air dalam tubuh dengan menjalankan setidaknya program 2-4-2, yaitu 2 gelas saat sahur, 4 di waktu malam, dan 2 gelas saat berbuka puasa. Selain itu, tambahkan pula asupan cairan dari susu dan buah-buahan. Hindari mengonsumsi kopi dan teh karena akan membuat kamu sering buang air sehingga mengurangi kadar cairan tubuh.