Buah Pir

Buah pir adalah salah satu pencahar alami terbaik yang dapat melancarkan pup si kecil. Dalam tiap buahnya mengandung 5,5 gr serat, buah ini juga mengadung banyak air. Selain itu, kebutuhan vitamin C si kecil juga dapat terpenuhi lho dengan mengonsumsi buah pir.

source: http://www.t5sis.com


 

Pepaya

Pepaya sudah terkenal sebagai buah yang mampu memperlancar pencernaan. Buah berwarna oranye ini memiliki kandungan air dan serat yang tinggi, selain itu kandungan enzim papain yang terdapat dalam pepaya dapat melumat lemak sehingga dapat dengan mudah dikeluarkan sebagai poop.

source: http://www.alodokter.com


 

baca juga

Oatmeal

Salah satu sumber serat alami yang mampu mencegah sembelit pada anak adalah oatmeal. Satu gelas oatmeal mengandung 4 gr serat, 166 kalori, zinc dan zat besi. Selain mencegah sembelit, kandungan gizinya pun sangat baik untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya sehari-hari.

source: http://www.eatthis.com


 

Brokoli

Selanjutnya, makanan pencegah sembelit pada anak yang memiliki serat tinggi yaitu brokoli. Dalam brokoli terdapat 5.1 gr serat sehingga dapat melancarkan pencernaan si kecil. Tambahkan brokoli pada masakanmu ya, tetapi sebaiknya hindari memasak brokoli terlalu lama karena dapat mengurangi kandungan seratnya.

source: http://manfaatbuahdaun.blogspot.co.id


 

baca juga

Kacang-Kacangan

Alternatif makanan lain untuk mencegah anak sembelit adalah kacang-kacangan. Tidak hanya mengandung banyak serat namun juga merupakan sumber zat besi dan protein yang berperan penting dalam pertumbuhan anak. Kacang merah menjadi jenis yang paling banyak mengandung serat, yaitu 14 gr dalam 1 gelasnya. Kamu bisa menambahkan kacang-kacangan dalam masakan kesukaan si kecil agar pencernaannya lancar.

source: http://lifestyle.kompas.com