1. Makoko Floating School
Salah satu sekolah unik di dunia yang terkenal yakni Makoko Floating School. Sesuai namanya, sekolah ini didirikan mengapung di wilayah perairan Makoko, Lagos, Nigeria. Seperti sebagian wilayah di Indonesia, wilayah Makoko di Afrika ini juga terdiri dari pemukiman yang berada di atas wilayah perairan. Agar seluruh anak di Makoko bisa mendapatkan akses pendidikan dengan lebih mudah, maka Heinrich Böll Foundation bersama United Nations mendirikan sekolah ini. 
 

source: https://images.adsttc.com/media/images/5aaf/f13d/f197/cc8b/4c00/03b1/newsletter/makokoschool_01.jpg?1521479992

2. Big Picture Learning
Jika di Indonesia terdapat Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang mempersiapkan siswanya untuk terjun ke dunia kerja, maka Amerika Serikat memiliki Big Picture Learning dengan tujuan serupa. Sekolah Big Picture Learning berdiri di Rhode Island, di mana setiap angkatannya dibatasi hanya 15 siswa. Sistem pendidikannya menggunakan cara menerjunkan langsung para siswanya ke lapangan pekerjaan dengan sistem magang. Tidak dibatasi pada kantor-kantor perusahaan saja, para siswa Big Picture Learning juga bisa memilih untuk magang di bengkel mobil, rumah sakit, pusat reparasi pesawat, dan sebagainya. 
 

source: http://www.salesforce.org/wp-content/uploads/2016/07/Big-Picture-Learning.jpg
baca juga

3. Steve Jobs School
Terinspirasi dari keberhasilan Steve Jobs, sekolah yang berdiri di Amsterdam, Belanda ini mendorong para muridnya untuk memilih sendiri mata pelajaran dan menekuni bidang kesukaannya. Setiap 6 minggu sekali para murid diminta untuk mengevaluasi dan memutuskan bidang apa yang ingin mereka pelajari dan tekuni. Tentunya proses ini menggunakan iPad serta didampingi oleh orang tua serta para coach. Ya, Steve Jobs School tidak mengenal panggilan guru, melainkan coach atau pelatih.
 

source: https://totallycoolpix.com/images/tcp_images_before/1023/steve_jobs_school_holland_002__tcp_gallery_image.jpg

4. Fuji Kindergarten
Sekolah taman kanak-kanak ini didesain oleh Tezuka Architects dan terletak di area Tachikawa. Yang membuat sekolah ini terkenal yaitu desainnya yang amat unik, tanpa dinding dan atap. Fuji Kindergarten yang menjadi pusat pendidikan bagi 600 anak berusia 2-6 tahun ini memang menitikberatkan pada pendidikan melalui bermain dan berpetualang. Diharapkan dengan konsep pendidikan yang dikawinkan dengan area belajar terbuka seperti ini, anak-anak akan terbiasa untuk mengembangkan rasa keingintahuan, berpikiran terbuka, serta mampu menyerap pengetahuan dengan cara yang fleksibel.
 

source: https://novakdjokovicfoundation.org/wp-content/uploads/2016/01/fuji_kindergarten_ring_around_a_tree_t290911_k1.jpg

Bagaimana Moms, menarik bukan? Apakah Moms juga tertarik untuk menyekolahkan si kecil di salah satu sekolah unik tersebut?