Pola Tidur Bayi 0 – 3 Bulan

Saat baru lahir, bayi biasanya akan membutuhkan waktu tidur sekitar 16-17 jam per harinya. Akan tetapi, pola tidurnya masih sangat tidak beraturan. Bayi bisa tidur dalam waktu yang sangat lama di satu waktu atau sebentar tetapi berkali-kali. Bahkan, tidak jarang bayi baru lahir akan tidur sepanjang hari dan bangun hanya saat ingin menyusu dan saat buang air. Seiring berjalan waktu, waktu tidur bayi akan berkurang menjadi 14-16 jam perhari.
 

source: http://www.webdicine.com/


 


Pola Tidur Bayi 4 – 6 Bulan

Di perkembangan bayi usia 4 bulan, pola tidur bayi masih akan memakan waktu sekitar 14-16 jam. Akan tetapi, pada usia ini biasanya akan terjadi perubahan durasi tidur siang dan tidur malam, di mana tidur malam akan menjadi lebih lama. Pada usia ini para orang tua dapat beristirahat malam dengan lebih tenang dan nyenyak karena bayi akan cenderung berkurang kebiasaan untuk bangun malamnya.
 

source: http://topbabyadvice.com/


 

baca juga


Pola Tidur Bayi 7 – 9 Bulan

Kemudian, pada tumbuh kembang bayi di usia 7-9 bulan, pola tidur malam bayi akan menjadi lebih mudah untuk diprediksi. Durasi tidur siang dan malam bayi juga akan menjadi lebih jauh berbeda. Meskipun total waktunya relatif masih sama, yaitu 14 jam, para bayi akan menghabiskan waktu hingga 10 jam untuk tidur malam dan 3-4 jam untuk tidur siang. Sisanya, bayi akan aktif bermain dan bergerak. 
 

source: https://www.momtricks.com/


 


Pola Tidur Bayi 10 – 12 Bulan

Terakhir, pada perkembangan bayi menjelang usia 1 tahun, jam tidur bayi juga akan terus mengalami perubahan sedikit demi sedikit. Durasi tidur malam akan bertambah dan durasi tidur siang akan berkurang. Akan tetapi, bukan berarti bayi sama sekali tidak terbangun saat malam, ya. Bayi mungkin akan tetap terbangun untuk menyusu atau tidak nyaman karena popoknya dan kemudian melanjutkan lagi tidurnya. Yang pasti, secara total tidur bayi dengan usia di bawah 1 tahun akan membutuhkan sekitar 14 jam per harinya.
 

source: https://www.babycenter.com/


Nah, itulah beberapa ringkasan mengenai kebutuhan tidur bayi berdasarkan perkembangan bayi dan usianya. Namun, kamu tetap harus ingat bahwa kondisi tiap bayi berbeda satu sama lain. Yang terpenting, kamu harus selalu memastikan bahwa si kecil tetap terpenuhi kebutuhan istirahatnya.