Tren Parenting

Belakangan ini, pola pengasuhan anak kerap menjadi salah satu topik hangat di kalangan para milenial muda yang sudah memiliki buah hati. Dunia digital yang mereka kuasai membuat informasi mengenai parenting kerap mudah menyebar. Itulah sebabnya, muncul fenomena selebgram mommy yang kerap mengunggah informasi mengenai cara mereka mengasuh dan mendidik buah hati. Tanpa disadari, kecenderungan dari orang-orang yang mengikuti menimbulkan adanya tren dari pola pengasuhan ini, di antaranya: 

Tren ASI dan MPASI

Untuk urusan ini, pada dasarnya kebanyakan orang tua masih menerapkan sistem ASI eksklusif selama 2 tahun dan memulai pemberian makanan pendamping ASI saat bayi memasuki usia 6 bulan. Biasanya, para ibu akan banyak mencari referensi mengenai makanan pendamping ASI yang terbaik dengan mempertimbangkan gizinya. Bahkan, tren MPASI dengan metode BLW pun muncul dengan beragam klaim positif yang dimilikinya.

Inilah Tren Parenting Anak 2018 yang Banyak Diterapkan Para Orang Tua Milenial
source: https://www.theasianparent.com/


 


Tren Baby Gym

Tidak bisa dipungkiri, baby gym atau yang juga dikenal sebagai sekolah anak mulai populer dengan banyaknya selebgram mommy yang mengikutsertakan buah hatinya dalam sekolah untuk bayi ini. Mereka memperlihatkan bagaimana fasilitas gym untuk bayi yang dapat melatih indera, motorik, hingga intelektual si kecil - semuanya demi tumbuh kembang anak.
 

Inilah Tren Parenting Anak 2018 yang Banyak Diterapkan Para Orang Tua Milenial
source: http://cobabies.com/


 

baca juga


DIY Mainan Anak

Tidak bisa dipungkiri, kebanyakan para orang tua milenial memang memiliki banyak pengetahuan seputar anak dan mainannya melalui luasnya jangkauan informasi yang mereka dapatkan. Itulah sebabnya, para orang tua akan cenderung akan lebih selektif dalam memilih mainan untuk anaknya. Tidak heran, tren membuat mainan sendiri dari bahan-bahan rumah yang aman menjadi populer saat ini, sebagai salah satu pola mendidik anak. Akan tetapi, tantangan untuk menghindari anak dari jangkauan dan pengaruh gadget menjadi masalah tersendiri bagi para orang tua. 
 

Inilah Tren Parenting Anak 2018 yang Banyak Diterapkan Para Orang Tua Milenial
source: https://rinadewi88.wordpress.com/


 


Pola Pengasuhan Demokratis

Berbeda dengan orang tua masa lalu yang kerap memaksa dan mendikte anak untuk melakukan sesuatu. Para orang tua masa kini cenderung menjalankan pola pengasuhan yang lebih moderat. Pola ini menerapkan cara mengasuh anak dengan lebih demokratis, yaitu lebih berpikir rasional dan realistis pada setiap tahapan tumbuh kembang anak. Orang tua akan lebih mengarahkan dan memfasilitasi anak dengan pilihan yang sesuai dengan nilai keluarga dan agama. Selanjutnya, anak akan lebih dapat menjadi diri sendiri. Anak dapat mengemukakan pendapat dan orang tua akan sangat terbuka dengan diskusi.

Inilah Tren Parenting Anak 2018 yang Banyak Diterapkan Para Orang Tua Milenial
source: https://www.momspresso.com/


Nah, itulah beberapa tipe pengasuhan anak yang populer dilakukan orang tua masa kini. Kira-kira tren mana yang tanpa disadari ikut kamu lakukan? Apapun itu, semua yang kita pilih merupakan yang terbaik bagi perkembangan anak dan pendidikan anak.