Hingga saat ini penyebab PCOS belum diketahui sepenuhnya. Berbagai penelitian menyebutkan bahwa PCOS terjadi akibat interaksi kompleks antara faktor genetik dan lingkungan. Menurut Morula IVF, terdapat berbagai cara untuk menangani PCOS, mulai dari perubahan gaya hidup, obat-obatan hingga terapi operatif. Walaupun demikian tahukah kamu bahwa perubahan gaya hidup merupakan lini pertama pada tatalaksana PCOS.

Perubahan gaya hidup mencakup:

  • eliminasi stressor psikososial
  • olahraga
  • intervesi gizi
Olahraga yang efektif sebaiknya mengikuti kaidah FITT (frequency, intensity, time, type). Jenis (type) olahraga yang dilakukan sebaiknya olah raga dengan intensitas sedang seperti jalan cepat, lari, berenang, bersepeda atau senam aerobic. Durasi (time) latihan minimal 30 menit. Untuk menurunkan berat badan, frekuensi yang dianjurkan adalah 3-5x/minggu dengan target yang diharapkan 150 menit/minggu.
Penting, Moms! Ini Fakta PCOS yang Wajib Wanita Ketahui
source: https://www.mayoclinic.org

Selain PCOS juga terdapat beberapa faktor yang menyebebkan wanita sulit hami lho, apa saja?

1. Serviks

Organ reproduki ini terletak di antara rahim dan vagina. Setelah proses bersenggama, sperma akan mencapai rahim melalui serviks. Jadi, jika ada masalah di serviks Aroses perjalanan sperma ke rahim akan mengalami kesulitan.

2. Keseimbangan PH

Lingkungan vagina diharapkan mampu mendukung proses perjalanan sperma. Tingkat pH yang rendah atau tinggi mungkin akan mengganggu proses fertilisasi sel telur.

3. Kerusakan Uterus

Gangguan pada uterus berupa munculnya jaringan parut, infeksi, masalah pada tuba falopi, endometriosis, polip, dan kondisi medis tertentu lainnya dapat menyebabkan masalah reproduksi. Kondisi kesehatan di bagian uterus ini tentu saja akan menghambat pergerakan sel sperma dan sel telur sehingga kehamilan yang Moms dan Dads harapkan akan tertunda.

Penting, Moms! Ini Fakta PCOS yang Wajib Wanita Ketahui
source: https://freepik.com
baca juga

4. Faktor Usia

Seperti diketahui, pertambahan usia seorang wanita akan memengaruhi proses terjadinya kehamilan. Wanita yang menginginkan kehamilan setelah berusia 35 tahun mungkin akan mengalami kesulitan. Kesulitan ini bisa disebabkan kualitas sel telur menurun dan ovarium kehilangan kemampuan untuk melepaskan sel telur.

Penting, Moms! Ini Fakta PCOS yang Wajib Wanita Ketahui
source: https://freepik.com

Itulah beberapa fakta singkat mengenai PCOS yang perlu diketahui semua wanita. Semoga bermanfaat.