1. Ruam Popok

Ruam popok paling sering disebabkan oleh iritasi akibat kontak dengan bahan dari popok, atau kontak dengan urin yang jarang dibersihkan. Kulit yang sudah teriritasi menjadi terinfeksi akibat kelembaban di area tersebut. Biasanya infeksi yang terjadi adalah infeksi jamur. Bila ruam juga terjadi di daerah kulit bukan dikarenakan popok, mungkin ruam ini berkaitan dengan kelainan lain di kulit akibat alergi, seperti dermatitis atopi. Ruam akibat alergi berhubungan dengan makanan yang dikonsumsi oleh anak.

Waspada! 4 Masalah Kulit Ini Sering Menyerang Bayi Lho, Moms
source: https://fimela.com

2. Biang Keringat

Biang keringat atau miliaria adalah ruam kecil berwarna merah dan menonjol yang terasa gatal di beberapa bagian kulit bayi. Ruam dapat berkembang di manapun pada tubuh, tetapi paling sering terjadi di wajah, leher, punggung, dada dan paha. Ruam terdiri dari bintik-bintik kecil atau benjolan yang dikelilingi oleh daerah kulit yang merah. Bintik-bintik terkadang terlihat seperti lecet kecil. Ini dapat menyebabkan pembengkakan ringan, gatal, dan tusukan-tusukan menyengat. Biang keringat ini memang tidak berbahaya, namun akan membuat bayi tidak nyaman dan rewel seharian.  

Waspada! 4 Masalah Kulit Ini Sering Menyerang Bayi Lho, Moms
source: http://bumilana.com/
baca juga

3. Cradel Cap

Cradle cap atau ketombe bayi merupakan kondisi yang wajar dialami bayi dengan ciri-ciri serpih kekuningan atau putih dan berkerak pada kulit kepala yang sulit untuk dihilangkan. Ada beberapa cara untuk menghilangkan cradle cap diantaranya:

  • Cuci rambut bayi secara hati-hati dengan shampo khusus, kemudian gunakan produk perawatan kulit khusus yang bekerja untuk mencegah dan mengobati cradle cap.
  • Jangan membersihkan cradle cap pada bayi dengan kuku.
  • Konsultasikan dengan dokter jika tidak ada perubahan setelah dua minggu pengobatan atau jika muncul bintik di sekitar cradle cap atau jika cradle cap meradang.
Waspada! 4 Masalah Kulit Ini Sering Menyerang Bayi Lho, Moms
source: https://shopify.com

4. Eksim

Eksim atau disebut dermatitis atopik adalah ruam kulit yang biasanya ditandai dengan bercak kering dan merah pada kulit yang mungkin gatal. Bercak-bercak ini juga bisa berdarah dan menghasilkan cairan. Biasanya bercak berada di area tangan, siku, leher, wajah, dan belakang lutut. Meskipun bayi memerlukan perawatan pada tahap awal, eksim akan hilang dengan sendirinya. 

Waspada! 4 Masalah Kulit Ini Sering Menyerang Bayi Lho, Moms
source: https://expatwoman.com