3 Kategori Luka Bakar

Ketahui dulu yuk Moms, jenis-jenis luka bakar yang dibagi menjadi tiga kategori berikut agar penanganannya juga tepat berikut yaitu: 

  • Luka Bakar Termal

Luka bakar termal, adalah luka yang disebabkan adanya kontak langsung dengan api atau cairan yang bersuhu panas seperti kopi, teh, kuah makanan dan sebagainya.

  • Luka Bakar Elektrik

Luka bakar elektrik adalah, luka bakar yang disebabkan adanya kontak dengan arus listrik. Tingkat parah atau tidaknya luka ini, dipengaruhi tinggi rendahnya tegangan pada arus listrik.

  • Luka Bakar Kimia

Luka bakar kimia adalah luka bakar yang disebabkan adanya kontak kulit dengan zat kimia atau ciran kimia.

3 Kategori Luka Bakar
source: https://7info.ru

Pertolongan Pertama Luka Bakar Pada Anak

  1. Menurut organisasi doker anak, jika anak terkena air panas dan sejenisnya seperti teh panas, kopi panas atau api, yang pertama dilakukan adalah tetap tenang dan berusaha tenangkan anak.
  2. Jika baju anak menepel pada luka, jangan langsung di cabut. Guntinglah bagian yang menempel pada luka, karena mencabutnya maka akan menyakiti anak dan memperparah luka.
  3. Dinginkan bagian yang terbakar dengan air yang mengalir selama 15-30 menit. Gunakan air keran biasa, jangan gunakan air dingin dari kulkas, dan jangan tambahkan bahan apapun dulu selain air mengalir.
  4. Setelah memberikan air mengalir pada anak. Lakukan penilaian pada jenis luka bakar anak, untuk tahap selanjutnya. Jika luka tersebut tidak parah, dapat melanjutkan perawatan di rumah. Jika luka tersebut dirasa parah dan takut anak terinfeksi, maka bawalah anak menemui dokter kulit untuk perwatan medis yang lebih baik.
  5. Oleskan salep luka bakar pada bagian tubuh anak yang terbakar, umumnya masyarakat menggunakan Bioplacenton. Salep ini tidak terlalu mahal, dan mudah untuk di dapatkan di toko obat atau apotek terdekat.
  6. Jangan menutup luka bakar anak dengan kasa, karena kita harus membuat luka anak menjadi cepat kering.
  7. Berikan anak obat pereda rasa nyeri, apabila anak merasa kesakitan atau nyeri berlebih.

Sangat penting bagi Moms untuk mengetahui pertolongan pertama pada luka bakar ini, karena kita tak tahu kapan musibah akan menyerang. Nah, selalu awasi anak dengan baik ya Moms, dan berikan pengertian padanya mengenai hal-hal berbahaya yang harus dihindarinya. Semoga bermanfaat.