1. Jangan Langsung Dimandikan 

Bayi prematur lebih berisiko mengalami hipotermia karena lemak coklat ditubuhnya belum ada / sangat sedikit. Oleh karena itu bayi baru lahir prematur biasanya tidak dimandikan segera, tetapi dapat ditunda hingga beberapa hari kemudian saat keadaannya telah stabil. Jika nanti bayi sudah bisa dimandikan, ada baiknya mandikan ia 30 menit sebelum minum berikutnya untuk mencegah kembung atau gangguan perut atau stomach upset. Setelah mandi bayi akan minum lahap dan tidur nyenyak. 

Ketahui Cara Tepat Merawat Bayi Prematur di Rumah, Moms!
source: https://www.premature-babies.co.uk

2. Perawatan Metode Kanguru 

Menurut Ikatan Dokter Anak Indonesia, perawatan metode kanguru adalah perawatan bayi baru lahir dengan melekatkan bayi di dada ibu dan anggota keluarga lain (kontak kulit dengan bayi) sehingga suhu bayi tetap hangat. Perlengkapan perawatan metode kanguru yang digunakan pada ibu adalah pakaian untuk ibu yang nyaman dan hangat pada suhu ruangan dan support binder (ikatan/pembalut penahan si bayi agar terus berada pada posisi dada ibu).

Manfaat perawatan metode kanguru pada bayi seperti denyut jantung stabil, pernafasan lebih teratur, saturasi oksigen stabil, suhu tubuh lebih stabil, waktu tidur lebih panjang, pemakaian kalori lebih hemat, kenaikan berat badan lebih cepat, perkembangan otak lebih baik, lebih jarang menangis, lebih berhasil menyusu langsung pada ibu, memperpanjang durasi menyusu.
Ketahui Cara Tepat Merawat Bayi Prematur di Rumah, Moms!
source: http://www.piaui2.pi.gov.br
baca juga

3. Ciptakan Suasana yang Tenang

Bayi prematur masih sangat sensitif dengan lingkungan sekitar, sehingga ia harus berada di tempat yang bersih dan tidak bising. Oleh sebab itu jauhkan si kecil dari kebisingan dan kurangi suara yang terlalu kencang. Berbicaralah dengan perlahan, dan buka-tutup pintu dengan halus, serta redupkan lampu saat sedang menyusui Si kecil. 

Ketahui Cara Tepat Merawat Bayi Prematur di Rumah, Moms!
source: https://www.parenthub.com.au

4. Pemberian ASI yang Tepat

Sebaiknya berikan ASI setiap tiga jam sekali untuk memenuhi gizi serta nutrisinya. Namun beberapa bayi prematur belum memiliki refleks hisap dan menelan yang baik, maka ASI perah diberikan dengan menggunakan pipa lambung/orogastrik (sonde). ASI merupakan nutrisi terbaik untuk bayi prematur dan cukup bulan. Pemberian ASI pada bayi prematur memberikan keuntungan nutrisi, fisiologis, maupun emosional. 

Ketahui Cara Tepat Merawat Bayi Prematur di Rumah, Moms!
source: http://www.marieclaire.co.uk