1. Botol yang Steril

Diketahui ASI perah hanya bisa bertahan 5-7 jam dalam suhu ruangan. Oleh karena itu tempat penyimpanan ASI harus dipastikan bersih. Moms dapat menggunakan botol kaca atau kontainer plastik dengan tutup yang rapat dengan bahan bebas bisphenol A (BPA). Hindari pemakaian kantong plastik biasa maupun botol susu disposable karena wadah-wadah ini mudah bocor dan bsia terkontaminasi bakteri. Sebelum digunakan kontainer harus dicuci dengan air panas dan sabun serta dianginkan hingga kering sebelum dipakai.

Sukses 'Menyusui' Saat Bekerja, Ini Tips Menyimpan ASI Perah
source: https://momlovesbest.com

2. Gunakan Kotak Penyimpanan
 
Setelah selesai memerah ASI untuk Si kecil yang berada di rumah, selanjutnya tutup botol hingga rapat. Setelah itu masukan ke dalam kotak penyimpanan ASI. Jika moms memiliki kotak dengan es batu, maka ASI bisa bertahan hingga 24 jam. Selain itu jangan mencampurkan ASI yang telah dibekukan dengan ASI yang masih baru pada wadah penyimpanan dan angan menyimpan sisa ASI yang sudah dikonsumsi untuk pemberian berikutnya.

Sukses 'Menyusui' Saat Bekerja, Ini Tips Menyimpan ASI Perah
source: https://asibayi.com
baca juga

3. Pastikan Suhu Lemari Es Stabil

Simpan ASI pada bagian belakang freezer dimana suhu berada dalam kondisi paling stabil. ASI yang disimpan lebih lama dari waktu yang dianjurkan tetap aman, tetapi kandungan lemak mulai terdegradasi sehingga kualitasnya menurun. Untuk ASI beku, pindahkan wadah ke lemari es selama 1 malam atau ke dalam bak berisi air dingin. Naikkan suhu air perlahan-lahan hingga mencapai suhu pemberian ASI.

Sukses 'Menyusui' Saat Bekerja, Ini Tips Menyimpan ASI Perah
source: https://www.thebump.com

Berikut beberapa tips dalam membekukan ASI:

  1. Kencangkan tutup botol atau kontainer pada saat ASI telah membeku sepenuhnya
  2. Sisakan ruang sekitar 2,5 cm dari tutup botol karena volume ASI akan meningkat pada saat beku
  3. Jangan menyimpan ASI pada bagian pintu lemari es atau freezer.

 

Sukses 'Menyusui' Saat Bekerja, Ini Tips Menyimpan ASI Perah
source: https://www.todaysparent.com