Membangkitkan rasa ingin tahu

Tumbuhkan Rasa Percaya Diri Anak Sejak Dini dengan 5 Cara Ini, Moms
source: https://okezone.com/

Namanya juga anak-anak, sekali bertanya tak bisa berhenti. Nah, peran Moms dan Dads di sini justru harus terus membangkitkan rasa ingin tahunya, jangan sampai berhenti begitu saja. Hal tersebut justru akan membuat kepercayaan diri si kecil berkurang karena merasa pertanyaan yang diajukannya tidak terselesaikan dengan baik. Jika anak terus bertanya, kita harus menanggapinya dengan baik, Moms bisa bergantian menjawab pertanyaannya bersama Dads. Hal ini juga melatih rasa percaya diri anak untuk belajar berbicara.

Bersikap sesuai usianya

Tumbuhkan Rasa Percaya Diri Anak Sejak Dini dengan 5 Cara Ini, Moms
source: https://tokopedia.com/blog

Beberapa orang tua seringkali menuntut anak untuk bertindak lebih dari usianya. Jangan memaksa si kecil untuk bersikap lebih dewasa dari usianya, karena hal itu justru membuat anak makin tidak percaya dengan dirinya sendiri, karena ia terus berusaha menjadi apa yang kita harapkan. Maka, biarkan anak bersikap sesuai usianya, sehingga ia merasa diberikan kepercayaan dari kita dan timbullah kepercayaan pada dirinya sendiri.

baca juga

Temukan kegiatan yang anak gemari

Tumbuhkan Rasa Percaya Diri Anak Sejak Dini dengan 5 Cara Ini, Moms
source: https://flipgive.com

Setiap anak memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, Berbicara soal kelebihan anak, Moms harus memahami apa yang digemari olehnya, karena jika ia menggemari sesuatu, maka tingkat kepercayaan dirinya akan semakin terasah.

Hargai setiap usahanya

Tumbuhkan Rasa Percaya Diri Anak Sejak Dini dengan 5 Cara Ini, Moms
source: https://pinterest.com/

Bagus atau tidak, menang atau kalah, pastikan Moms hargai setiap usahanya karena saat ia beranjak dewasa proses lebih berarti daripada hasil. Hal tersebutlah yang akan membuat anak tetap percaya pada dirinya meskipun kalah dan tentunya akan berusaha menjadi yang lebih baik lagi. Maka dari itu, seperti apapun hasil yang didapatkan anak jangan pernah lelah untuk menghargai segala sesuatu yang anak lakukan berdasarkan kerja kerasnya.

baca juga
Ajarkan yang kita ketahui
Tumbuhkan Rasa Percaya Diri Anak Sejak Dini dengan 5 Cara Ini, Moms
source: https://politics.theonion.com/

Bagi anak, orang tua adalah panutannya, jadikan hal ini sebagai kesempatan untuk Moms mengajarinya tentang bagaimana berbicara, bertindak, dan bersikap. Tidak usah terlalu serius, kita bisa menuangkan makna-makna tersebut melalui sebuah dongeng agar mudah dipahami.

Dari kelima poin di atas, intinya sebelum menanamkan kepercayaan diri anak, Moms dan Dads harus memberikan kepercayaan terlebih dahulu kepada si kecil, tentunya melalui dukungan dan menghargai apapun yang dilakukannya. Yuk Moms, tumbuhkan kepercayaan diri si kecil sejak dini, karena ini penting bagi proses tumbuh kembangnya.