1. Makan Bersama

Biasakan anak untuk ikut makan bersama di meja makan. Hindari memberi makanan kepada anak ketika sedang menonton, bermain dan berjalan-jalan. Anak akan lebih menikmati makanannya dan mencoba makanan baru, apabila melihat orang lain makan di meja yang sama. Orang tua dan kakak berperan penting memberikan teladan gaya makan yang sehat kepada anak. 

2. Makan Teratur
Usahakan anak makan dengan jadwal teratur, yaitu 3 kali makan diselingi dengan 2 kali camilan, pagi dan sore. Patuhi jadwal makan anak, misalnya pada pagi hari pukul 07.00, siang hari 12.00 dan malam hari 07.00. Pastikan memberikan anak minum di sela-sela waktu makan dan ngemil, agar tidak mengalami dehidrasi. 

 
1. Makan Bersama
source: http://nouvelles.umontreal.ca

 

3. Hindari Gangguan

Waktu makan harus benar-benar digunakan untuk makan. Oleh karenanya buat aturan agar semua anggota keluarga tidak menonton televisi, memegang gadget ataupun bermain komputer pada saat makan. Waktu makan merupakan interaksi antar keluarga, sehingga hindari hal-hal yang bisa mengganggu momen berharga tersebut. Jangan membiarkan anak membawa mainan ataupun buku ke meja makan. 
 
3. Hindari Gangguan
source: https://www.youtube.com

 
baca juga

4. Variasi Makanan

Sajikanlah menu makanan anak yang variatif. Hindari membuat menu yang itu-itu saja karena anak akan mudah bosan. Mulai biasakan menyajikan berbagai makanan anak yang sehat, terutama sayuran dan buah-buahan, juga makanan berprotein tinggi seperti daging dan ikan setidaknya 2 kali per minggu. Bantu ia mengeksplorasi rasa dan tekstur baru dalam makanan. Coba tambahkan bumbu dan rempah yang berbeda untuk setiap masakan agar lebih lezat. Menu dan rasa yang bervariasi akan menambah nafsu makannya.
 
4. Variasi Makanan
source: http://www.proeves.com

 

5. Memasak Bersama

Coba libatkan anak dalam memilih bahan makanan dan memasak. Ajak ia ke supermarket ataupun ke pasar untuk membeli bahan makanan yang diinginkannya. Jangan lupa beri saran untuk membeli sayur dan buah-buahan. Biarkan pula ia ikut membantu memasak di dapur. Berikan tugas kecil seperti memetik sayuran, ataupun mengambilkan bahan makanan di dalam kulkas. Karena ikut terlibat, anak akan penasaran untuk menyantap hasil masakan yang kalian buat bersama. 
 

5. Memasak Bersama
source: https://www.wsj.com

 
baca juga

6. Coba dan Coba Lagi

Hanya karena anak menolak makanan sekali, Moms jadi menyerah? Jangan ya, Moms. Terus coba dan coba lagi. Tetap tawarkan makanan baru dan yang tidak disukai anak sebelumnya. Diperlukan lebih dari 10 kali atau lebih untuk mencicipi makanan sebelum selera seorang anak mau menerimanya. Selain itu, jangan marah atau memaksa ketika anak menolak makanan yang diberikan. Hal ini akan meninggalkan trauma atau kesan negatif dalam dirinya. 
 
6. Coba dan Coba Lagi
source: https://www.bundoo.com

Nah, itu dia cara mengatasi anak yang suka pilih-pilih makanan. Semoga tips ini bisa jadi solusi ya, Moms!