1. Menerima Kondisi Anak

Ya, memang tidak mudah bagi orang tua untuk menerima ada sesuatu yang tidak normal dalam diri anak. Perlu Moms ketahui, anak akan mengetahui apabila orang tuanya tidak menerima atau membenci kondisi dan meragukan kemampuannya. Nah, agar anak ADHD merasa diterima dan didukung, orang tua harus memiliki keyakinan akan kemampuannya. Begitu orang tua memberi dukungan, hal-hal seperti energi luar biasa, kreativitas, dan keterampilan interpersonal akan terlihat dalam diri anak. Berilah cinta tanpa syarat seperti yang diterima anak-anak normal lainnya. 
 
1. Menerima Kondisi Anak
source: https://www.additudemag.com

 

2. Jangan Percaya Semua Berita Tidak Baik Tentang Anak

Saat anak mulai bergaul dan masuk sekolah, ia akan berinteraksi dengan banyak orang. Perilaku anak yang tidak biasa mungkin tidak diterima sepenuhnya oleh orang-orang di sekitarnya. Akan ada banyak komentar negatif terkait kepribadian dan perilaku anak. Jangan mudah percaya apabila orang lain melabeli anak bodoh, nakal dan tidak mampu bersaing. Lebih baik fokus kepada perkembangan anak dan memilih sekolah yang mendukung kebutuhan dan pendidikan anak. Percayalah, jika dibimbing dengan baik, anak ADHD pun bisa berprestasi cemerlang. 
 
2. Jangan Percaya Semua Berita Tidak Baik Tentang Anak
source: https://www.quickanddirtytips.com

 
baca juga

3. Hindari Langsung Menghukum Anak Hanya Karena Tidak Menaati Perintah

Jika memiliki anak dengan ADHD, kamu perlu lebih sabar dan memahami mengenai kondisinya. Hindari langsung menghukumnya apabila tidak mengikut hal-hal yang Moms suruh, terutama untuk hal-hal yang tidak bisa dikendalikan. Dalam banyak kasus, seorang anak dengan ADHD gagal mematuhi pertintah bukan karena ia menentang, tetapi karena merasa terganggu terhadap tugas yang diberikan. Distractibility merupakan gejala umum ADHD, yakni sesuatu yang tidak dapat ia kendalikan. Ketika Moms berulang kali menghukum seorang anak karena perilaku yang tidak dapat ia kendalikan, maka ia merasa gagal dan bersalah. 
 
3. Hindari Langsung Menghukum Anak Hanya Karena Tidak Menaati Perintah
source: http://www.momjunction.com

 

4. Cari Sisi Positif Anak

Karena fokus mengatasi masalah perilaku, kadang orang tua mengabaikan perilaku positif yang dilakukan anak. Ketahuilah Moms, anak dengan ADHD tetap memiliki sisi positif dan melakukan hal-hal yang baik. Perhatikan keseharian anak dan pelajari sikap positifnya. Jangan ragu-ragu melontarkan pujian apabila ia melakukan sesuatu hal baik, misalnya berbagi mainan dengan saudaranya, merapikan mainannya sendiri dan sebagainya. Selain itu, lakukanlah hal-hal menyenangkan bersama anak, seperti bermain bersama, keluar rumah untuk bersepeda, jalan-jalan ataupun menonton di bioskop. Melakukan kegiatan normal seperti itu akan membuat anak merasa diterima, dan berperan baik dalam tumbuh kembang anak.
 
4. Cari Sisi Positif Anak
source: https://www.goodstart.org.au

Nah, itu dia beberapa hal yang perlu diketahui orangtua dalam membesarkan dan mendidik anak ADHD. Semoga bisa membantumu ya, Moms!