1. Temukan Jadwal yang Tepat

Selama beberapa minggu pertama, bayi perlu menyusu 8 hingga 12 kali per hari. Pada awalnya, cobalah menyusui bayi kembar pada jadwal yang sama. Namun perlu diingat bahwa kembar identik sekalipun memiliki kepribadian, selera dan pola menyusui yang berbeda. Jadi cobalah selaras dengan kebutuhan masing-masing bayi. Bayi kembar yang satu mungkin perlu menyusui lebih sering daripada yang lain. Ada beberapa ibu yang menggunakan trik menyusui sesuai jadwal yang sudah diaturnya. Ada pula yang menyusui saat bayi lapar. Apapun yang Moms terapkan, selalu ingat untuk memenuhi kebutuhkan bayi dan memastikan bayi mendapatkan ASI yang cukup. 
 
1. Temukan Jadwal yang Tepat
source: http://motherhow.com

 

2. Posisi Menyusui

Moms bisa menyusui bayi kembar secara bersama-sama dengan gaya tandem. Kelebihan menyusui tandem adalah menghemat waktu sehingga bisa melakukan aktivitas lainnya. Nah, saat menyusui tandem perhatikan beberapa tips ini: 

Bantal Menyusui
Gunakan bantal menyusui untuk memudahkan posisi saat menyusui bayi. Kalau tak memiliki bantal khusus menyusu, Moms bisa menggunakan bantal biasa. 

Atur Posisi
Saat akan menyusui, posisikan bantal untuk menopang bayi. Lalu minta suami atau seseorang memberikan bayi dan lekatkan ke payudara. Saat Moms sendirian, cobalah duduk di atas sofa atau bersanda ke sofa. Lalu atur posisi batal sedemikan rupa. Ambil bayi dalam bouncer mereka dan lekatkan pada payudara. 
2. Posisi Menyusui
source: https://www.twiniversity.com

 
baca juga
Temukan Posisi Menyusui yang Tepat dan Nyaman
Biasanya ada 2 gaya menyusui yang digunakan menyusui bayi kembar yakni football hold dan cradle hold. Pilihlah yang menurut Moms nyaman dan gunakan bantal untuk menopang kepala dan tubuh bayi. Moms jika memadukan kedua cara menyusui ini. 
 
2. Posisi Menyusui
source: https://www.allinahealth.org/
2. Posisi Menyusui
source: https://www.drugs.com

 
baca juga
Fokus pada Perlekatan (Latch on)
Jika menyusui dengan perlekatan yang tepat, maka tidak akan membuat payudara terasa sakit. Oleh karena itu, pelajari terlebih dahulu bagaimana latch on yang tepat. Selain itu, jika posisi tandem tidak cocok dan tidak efektif memberikan ASI untuk bayi kembar, jangan ragu untuk mempertimbangkan memompa ASI dan memberikannya lewat botol. 
 
2. Posisi Menyusui
source: https://www.todaysparent.com

Nah, itu dia beberapa trik jitu dalam menyusui bayi kembar. Semoga berhasil ya, Moms!