Risiko Mengabaikan Sakit Gigi Saat Hamilan

1. Mengabaikan gingivitis kehamilan umum, akan memungkinkan kondisi berkembang menjadi infeksi gusi dan periodontitis parah. Infeksi aktif berpotensi mengancam situasi bagi kamu dan janin, dan bagaimanapun kamu harus menunda perawatan sampai setelah melahirkan.

2. Sakit gigi saat hamil merupakan tanda adanya masalah kesehatan gigi yang mengharuskan kamu perawatan gigi oleh dokter gigi. Kondisi gigi yang tidak diobati dapat menyebabkan kerusakan permanen pada gigi dan gusi kamu lho, dan menyebabkan kehilangan gigi, resesi gusi dan kehilangan tulang rahang.

3. Menghindari perawatan saat mengalami sakit gigi selama hamil juga bisa menimbulkan komplikasi pada kelahiran anak. Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa wanita hamil dengan penyakit periodontal memiliki empat sampai tujuh kali peningkatan risiko kelahiran prematur dan melahirkan bayi dengan berat badan rendah.

4. Rasa sakit gigi terus-menerus yang tidak diobati meningkatkan stres kamu. Pereda nyeri gigi saat hamil sangat penting dalam menjaga stres terkendali. Banyak dokter mempertimbangkan tingkat stres yang lebih tinggi karena lebih berbahaya bagi bayi daripada kemungkinan efek buruk dari perawatan gigi yang bisa membebaskan kamu dari sakit gigi saat hamil.

source: http://www.coralwestdental.com/blog/5-reasons-you-have-a-throbbing-toothache

Pencegahan Sakit Gigi Saat Hamil

1. Kamu bisa meminimalisir risiko mengalami sakit gigi saat hamil dengan berkunjung ke dokter gigi secara rutin sebulan sekali, diet yang benar dan kebersihan mulut yang baik.

2. Jika kamu berencana untuk hamil, maka kamu harus mengunjungi dokter gigi untuk pemeriksaan dan pembersihan gigi. Jika memungkinkan, masalah kesehatan gigi yang ada harus ditangani sebelum kamu hamil. Selama kehamilan kamu harus mengikuti pemeriksaan gigi terjadwal dan pembersihan gigi.

3. Hati-hati dengan diet kamu. Hindari konsumsi gula yang bisa mendorong pertumbuhan bakteri dan plak. Konsumsi kalsium yang cukup untuk menutupi peningkatan kebutuhan akan perkembangan tulang janin.

4. Selama kehamilan kamu harus ekstra hati-hati dengan kebersihan mulut kamu, untuk mencegah masalah gigi yang umum seperti gingivitis kehamilan.

5. Jika Anda memiliki masalah dengan rasa pasta gigi kamu, gunakan merek lain atau setidaknya sikat gigi dengan air saja. Kebersihan mulut yang baik dapat membantu menjaga kesehatan gigi dan menghindari sakit gigi saat hamil.

source: http://www.netdoctor.co.uk/conditions/mouth-and-teeth/a3078/toothache/