Memilih Alas Kaki untuk Ibu Hamil

Memilih alas kaki untuk ibu hamil perlu pertimbangan dan kecermatan yang tinggi karena alas kaki sangat berpengaruh dalam menentukan kenyamanan dan kesehatan dari ibu hamil itu sendiri. Salah satu alasan utamanya adalah untuk menjaga agar para ibu hamil agar terhindar dari pembengkakan kaki yang berlebihan.

https://www.pinterest.com/pin/512073420121084000/
source: https://id.pinterest.com


 

baca juga

Memilih Bahan Sepatu Ibu Hamil yang Tepat

Hal pertama yang perlu dipertimbangkan dalam memilih sepatu untuk ibu hamil adalah mencari bahan yang tepat sesuai dengan kebutuhan dan tentunya nyaman untuk dikenakan. Khusus untuk ibu hamil, disarankan untuk memilih sepatu dengan bahan yang alami seperti kulit ataupun kanvas.

Kedua bahan ini selain dapat membuat ibu hamil merasa nyaman saat berjalan, juga memberikan rongga pada bagian dalam untuk sirkulasi udara yang sehat dan lancar. Akan tetapi. jika kamu sulit menemukan sepatu berbahan kulit atau kanvas yang cocok, cobalah untuk memilih bahan sepatu lain yang lembut, lentur, dan fleksibel.

source: https://www.pinterest.com


 

Sol Sepatu Karet yang Aman untuk Ibu Hamil

Seorang ibu yang sedang hamil pastinya akan mengalami perubahan bobot tubuh yang signifikan. Hal ini sering membuat sang ibu kehilangan keseimbangan saat berjalan atau berdiri. Oleh sebab itu, penting untuk mempertimbangkan sepatu yang kesat dan tidak licin saat digunakan. Pilihlah sepatu dengan sol karet yang dapat menghindari terjadinya insiden seperti terpeleset atau tersandung.
source: https://www.pinterest.com


 

baca juga

Pilihlah Ukuran Sepatu yang Pas

Saat akan memilih sepatu untuk ibu hamil, pastikan sang ibu sudah mencobanya secara langsung. Hal ini sangat penting untuk menyesuaikan ukuran sepatu yang benar-benar pas. Meskipun ukuran sepatu biasanya sudah pasti, tidak ada salahnya untuk memastikan lagi ukuran dengan langsung mencobanya. Pastikan jari-jari kaki tidak kesempitan dan masih dapat bergerak, tetapi jangan sampai kelonggaran juga, ya! 

source: http://lampung.tribunnews.com


 

Model Simple dan Sederhana

Untuk ibu hamil, pastikan kamu memilih sepatu dengan model yang simple dan sederhana. Jika bunda merupakan seorang yang fashionable, bersabarlah untuk tidak menggunakan sepatu dengan banyak tali atau strap karena akan menyulitkan saat beraktivitas di luar.

Pilihlah sepatu dengan model sederhana dan warna yang lembut. Daripada berfokus pada model, kamu dapat memilih sepatu dengan sol yang empuk sehingga membuat ibu hamil lebih nyaman saat menggunakannya.
source: https://www.ibudanbalita.com


 

Hindari Menggunakan Sepatu Hak Tinggi

Menggunakan sepatu dengan hak yang tinggi akan membahayakan karena dapat menyulitkan saat berjalan. Selain itu, sepatu dengan hak yang terlalu tinggi juga akan membuat ibu hamil semakin sulit dalam menjaga keseimbangan saat berjalan. Beberapa sepatu hak tinggi juga dapat menghalangi peredaran darah menjadi tidak lancar sehingga membuat yang menggunakan lebih mudah kesemutan. 

source: http://www.parenting.co.id


Untuk lebih amannya, kamu dapat menggunakan sepatu hak dengan kriteria maksimal tinggi hak adalah 2 cm dan hak sepatu harus tebal, tidak boleh runcing. 

Nah, itulah tips dan kriteria yang dapat membantu kamu dalam memilih sepatu yang tepat untuk ibu hamil. Hal yang terpenting dalam memilih sepatu untuk ibu hamil adalah keamanan dan kenyamanan. Jadi, pastikan memilih produk terbaik untuk kehamilan yang sehat, ya!