1. Bayi baru lahir

ASI adalah cairan biologis kompleks yang mengandung semua nutrien yang diperlukan untuk pertumbuh fisik dan perkembangan seorang anak. ASI disesuaikan dengan keperluan, laju pertumbuhan bayi, dan kebiasaannya menyusu. Nah, pada bayi baru lahir ukuran lambungnya masih sebesar buah ceri, masih sangat kecil! Oleh karena itu, pada masa ini bayi belum mampu menerima ASI dalam jumlah yang banyak. Seperti diketahui, pada hari pertama setelah dilahirkan, perut bayi masih seukuran buah ceri, dan hanya mampu menerima ASI sekitar 5-7 ml. Moms memberikan ASI dalam waktu yang sering misalnya 8-12 kali dalam 24 jam, atau setiap 2-3 jam. Kondisi ini karena bayi yang baru lahir akan lebih sering tertidur setelah minum susu.

Penting Lho, Moms, Memberikan ASI Sesuai Ukuran Perut dan Lambung Bayi
source: https://babycenter.com

2. Bayi Usia 3 Hari

Saat bayi telah memasuki usia 3 hari, ukuran perutnya mulai berubah tak sebesar ceri lagi. Ukuran perut Si kecil sudah mencapai sebesar buah kenari, dan mampu menerima ASI dalam jumlah 22-27 ml. 

Penting Lho, Moms, Memberikan ASI Sesuai Ukuran Perut dan Lambung Bayi
source: https://blog.chw.org
baca juga

3. Bayi Usia 1 Minggu

Nah, ketika bayi masuk usia 1 minggu, ukuran perutnya sudah bertambah besar seperti buah aprikot. Pada usia ini, bayi sudah mampu menerima ASI sebanyak 45-60 ml. Pada kondisi ini Moms juga tidak perlu khawatir, karena Moms sudah mulai memproduksi ASI matang. Perlu diketahui nutrisi terbaik bayi pada 6 bulan pertama kehidupannya adalah ASI. WHO dan UNICEF merekomendasikan pemberian ASI eksklusif dari sejak lahir sampai usia 6 bulan dan bayi harus sering disusui tanpa dibatasi waktu. Setelah usia 6 bulan bayi akan mendapat makanan pendamping ASI (MPASI).

Penting Lho, Moms, Memberikan ASI Sesuai Ukuran Perut dan Lambung Bayi
source: https://www.babble.com

4. Bayi Usia 4 Bulan 

Pada masa bayi sudah memasuki usia 1 bulan, perut Si kecil juga sudah mulai membesar kira-kira setara dengan telur bebek. Pada masa ini bayi sudah membutuhkan ASI yang lebih banyak, atau setara dengan 80-150 ml.  

Penting Lho, Moms, Memberikan ASI Sesuai Ukuran Perut dan Lambung Bayi
source: https://www.workingmother.com