Menurut dr Ivan Sini dalam website resminya menjelaskan, ketika seorang pasien memiliki kecenderungan untuk membentuk bekuan darah sehingga darah menjadi lebih kental, kondisi ini disebut dengan trombofilia. Darah kental atau trombofilia merupakan kondisi di mana darah kekurangan cairan, sehingga sel yang ada mudah melekat satu dengan lainnya. Trombofilia bisa menjadi peristiwa yang mengancam jiwa jika pembekuan darah tersebut menyumbat aliran darah ke jantung atau otak. 

 

Moms, Kenali Darah Kental Penyebab Keguguran Berulang pada Ibu Hamil
source: https://www.freepik.com

Apa gejala darah kental?

Kasus trombofilia dicurigai pada wanita yang memiliki pembuluh darah tersumbat pada usia muda atau terlebih bagi yang memiliki riwayat keluarga dengan penyakit stroke, emboli paru, atau trombosis vena. Namun, ada beberapa wanita yang juga memiliki trombofilia dengan tidak mengalami gejala apapun, ataupun jika mereka memiliki gejala, umumnya karena keluhannya dapat dikategorikan sangat ringan sehingga kondisi trombofilia sering tidak terdiagnosis.

Ibu hamil biasanya lebih sensitif terhadap berbagai kondisi yang dialaminya selama masa kehamilan, sehingga dapat dengan cepat menyadari apa yang aneh atau berbeda pada tubuhnya. Pada kasus trombofilia, umumnya gejala yang dapat dialami seperti pembengkakan atau rasa nyeri di satu kaki, rasa sakit yang berlebih ketika berjalan, dan vena yang lebih besar dari ukuran normalnya.

Moms, Kenali Darah Kental Penyebab Keguguran Berulang pada Ibu Hamil
source: https://www.freepik.com
baca juga

Penyebab Keguguran Berulang

Beberapa penelitian menunjukkan hubungan yang kuat antara trombofilia dan terjadinya keguguran berulang. Penyebab berubahnya faktor pembekuan darah yang menyebabkan trombofilia adalah mutasi faktor V Leiden dan mutasi prothrombin G20210A sebagai pertanda genetik. Kedua mutasi genetik tersebut adalah penyebab paling umum dari trombofilia. Hal ini dapat diperiksa melalui beberapa pemeriksaan darah yang mudah pada wanita.

Penelitian terbaru menunjukkan bahwa pasien yang mengalami keguguran berulang mungkin memiliki satu atau lebih pertanda genetik kondisi trombofilia. Satu studi menemukan bahwa 19 % dari pasien yang keguguran ( 15 dari 80 ) memiliki mutasi faktor V Leiden. Indikator lain dari trombofilia ( seperti mutasi protrombin, resistensi protein C, defisiensiprotein S, dan defisiensi antitrombin III ) juga lebih banyak ditemukan di kalangan wanita yang sering mengalami keguguran.

Moms, Kenali Darah Kental Penyebab Keguguran Berulang pada Ibu Hamil
source: https://www.freepik.com

Cara mengatasi darah kental

Pengobatan yang digunakan untuk mengatasi kondisi trombofiilia adalah obat pengencer darah, baik jenis tablet maupun suntikan. Pengobatan ini dilakukan untuk meningkatkan aliran darah ke organ kandungan dan menjaga kehamilan agar tetap baik dan meminimalisir terjadinya keguguran. Semua pasien yang menerima pengobatan harus dipantau secara berkala selama masa kehamilannya dan kondisi kekentalan darahnya. Penting untuk diperhatikan pula penambahan asupan suplemen kalsium yang juga harus diberikan selama pengobatan.

Moms, Kenali Darah Kental Penyebab Keguguran Berulang pada Ibu Hamil
source: https://www.freepik.com

Nah, itulah penjelasan mengenai darah kental penyebab keguguran berulang. Moms harus rutin memeriksakan kondisi tubuh ke dokter ketika hamil, ya! Semoga bermanfaat!