1. Bayi suka memasukkan jari ke mulut tanda ia sudah siap makan 

Setelah berusia di atas 6 bulan, anak membutuhkan makanan pendamping karena ASI sudah tidak mencukupi kebutuhan energi dan nutrisi bagi anak. Makanan pendamping ASI ini diberikan pada periode penyapihan yaitu mulai usia 6 bulan hingga 2 tahun. Jadi jika bayi suka memasukkan jari ke mulut bukan berarti dia siap makan makanan padat ya moms. Hal tersebut menunjukkan bayi sedang dalam fase oral. 

Masih Percaya? Ini Mitos Seputar MPASI yang Harus Moms Ketahui
source: http://fberita.blogspot.com

2. Bayi bisa terkena racun jika diberikan hati 

Sangat dibutuhkan pengetahuan orang tua yang baik mengenai MPASI karena jika diberikan dengan jumlah, komposisi dan waktu yang tidak tepat dapat menyebabkan anak mengalami malnutrisi yang berakibat pada gangguan pertumbuhan dan perkembangan. Nah, begitu juga dengan menu makanan pada MPASI yang baik dan tidak baik bagi anak. Faktanya hati justru sangat baik dikonsumsi anak karena mengandung zat besi yang tinggi. 

Masih Percaya? Ini Mitos Seputar MPASI yang Harus Moms Ketahui
source: https://resources.stuff.co.nz
baca juga

3. Berikan sayur terlebih dahulu, baru buah 

Banyak yang mengatakan bahwa sayur lebih baik diberikan terlebih dahulu untuk bayi karena rasanya yang hambar. Hal ini untuk melatih bayi agar suka dengan segala sayuran. Namun faktanya pemberian sayur terlebihd ahulu tidak menjamin anak akan terus menerus suka dengan sayur. Karena pemberian buah saat MPASI juga sangat dianjurkan sebagai vitamin tambahan untuk Si kecil. Sebagaia saran untuk Moms, pada awal pemberian MPASI, mulailah dengan makanan lumat dengan konsistensi halus/saring yang encer pada tahap perkenalan dan kemudian dikentalkan secara bertahap. Semangkuk bubur yang encer akan mengandung kalori dan zat gizi yang lebih sedikit dibandingkan semangkuk bubur kental untuk volume yang sama.

Masih Percaya? Ini Mitos Seputar MPASI yang Harus Moms Ketahui
source: https://www.workingmother.com

4. Belum tumbuh gigi jangan memberikan makanan bertekstur

Faktanya anak memiliki periode emas untuk belajar makan seperti belajar mengunyah dan menelan. Jika periode ini terlewatkan dikhawatirkan Si kecil akan mengalami gangguan kemampuan makan. Padahal anak dapat mengolah makanannya sendiri hingga lunak tanpa gigi.

Masih Percaya? Ini Mitos Seputar MPASI yang Harus Moms Ketahui
source: https://www.todaysparent.com
baca juga

Berikut tips pemberian MPASI pada anak:

  • Buat jadwal makan teratur
  • Pengenalan makanan membutuhkan setidaknya 10-15 kali mencoba
  • Jangan memaksa anak makan
  • Perhatikan tanda lapar dan kenyang
  • Kebersihan dalam mengolah, menyiapkan dan memberikan MPASI hal yang sangat penting.