Beras analog ini menjadi salah satu bentuk pangan alternatif yang dapat dikembangkan untuk mengatasi ketersediaan pangan, baik itu dalam hal penggunaan sumber pangan yang baru maupun proses diversifikasi atau penganekaragaman pangan. Jika dibandingkan dengan beras padi, sumber karbohidrat maupun gizi yang terkandung di dalam beras analog tidaklah jauh berbeda. Karbohidrat merupakan salah satu komponen makro pada produk pangan yang mengandung unsur C, H, dan O. Karbohidrat ini merupakan segolongan besar senyawa organik yang paling melimpah di bumi.

Mengenal Beras Analog, Pengganti Beras Padi yang Lebih Sehat
source: https://oleholehonlinesite.files.wordpress.com

Apa saja manfaat beras analog?

1. Mencegah Gula Darah 


Bahan baku dari beras analog ini, seperti singkong, ubi jalar, sagu, dan beberapa jenis umbi-umbian lainnya, memiliki kandungan indeks glikemik yang umumnya lebih rendah dibandingan beras padi. Indeks glikemik (Glycemic Index, GI) adalah angka yang menunjukkan potensi peningkatan gula darah dari karbohidrat yang tersedia pada suatu pangan. Dengan kata lain, indeks glikemik merupakan respon glukosa darah terhadap makanan dibandingkan dengan respon glukosa darah terhadap glukosa murni. 

Mengenal Beras Analog, Pengganti Beras Padi yang Lebih Sehat
source: https://www.femina.co.id
baca juga

2. Menstabilkan Gula Darah Penderita Diabetes

Diabetes melitus (penyakit kencing manis) adalah penyakit yang membuat tubuh penderita tidak dapat mengendalikan tingkat glukosa di dalam darah. Penderita diabetes melitus mengalami gangguan metabolisme dalam distribusi gula sehingga tubuh tidak bisa memproduksi insulin dalam jumlah yang cukup atau tidak mampu menggunakan insulin secara efektif. Akibatnya, terjadi kelebihan gula di dalam darah. Dengan mengonsumsi beras analog, kadar gula para penderita diabetes melitus diharapkan lebih stabil dan terjaga karena pada umumnya beras analog terbuat dari bahan baku yang rendah kadar indeks glikemiknya.

Mengenal Beras Analog, Pengganti Beras Padi yang Lebih Sehat
source: https://www.youtube.com

3. Memperlancar BAB

Beras analog yang terbuat dari bahan-bahan sehat seperti singkong, jagung dan umbi-umbian tentunya mengandung banyak serat. Serat ini berfungsi untuk menghindari moms dari sulit buang air besar alias sembelit. Kandungan serat pada beras analog juga bisa membuat perut kenyang lebih lama karena penyerapan di usus terjadi lebih lama. 

Mengenal Beras Analog, Pengganti Beras Padi yang Lebih Sehat
source: https://bukalapak.com
baca juga

Cara pengolahan beras analog hampir sama dengan menanak nasi biasa, hanya saja beras analog dimasak tidak bersamaan dengan air namun dimasukan kedalam rice cooker setelah air mendidih. Selain itu, perbedaan dengan nasi biasa adalah dalam hal tekstur, beras analog akan menghasilkan nasi yang lebih lunak dibanding nasi biasa, sehingga mungkin kurang cocok bagi yang sudah terbiasa dengan beras agak pera.