Konsumsi Asupan Serat yang Cukup
 

Konstipasi Saat Hamil? Ini Dia Cara Mencegahnya!
source: https://tipswacaramu.blogspot.com/


Hal pertama yang dapat kamu lakukan untuk mencegah dan mengatasi konstipasi selama hamil adalah dengan mengonsumsi banyak asupan serat. Sebagaimana sudah kamu ketahui, serat memang merupakan salah satu asupan yang tidak boleh dilewatkan dalam masa kehamilan. Dengan begitu, pekerjaan organ pencernaan akan lebih terbantu. Hindari juga asupan kopi, soft drink, teh, apalagi minuman beralkohol. Sayur, buah, dan kacang-kacangan akan sangat membantu kamu.
 


Penuhi Kebutuhan Cairan Tubuh
 

Konstipasi Saat Hamil? Ini Dia Cara Mencegahnya!
source: http://ibudanmama.com/


Selain makanan berserat tinggi, cairan juga sangat penting untuk memperlancar kerja organ pencernaan. Faktanya, bagi ibu hamil, cairan tubuh akan lebih diperlukan dalam jumlah yang banyak. Jika ibu hamil kekurangan cairan tubuh, air dalam sisa-sisa makanan akan kembali diserap sehingga feses menjadi keras. Jadi tidak heran jika ibu hamil yang kekurangan cairan tubuh akan mengalami konstipasi atau sembelit.
 

baca juga


Rutin Berolahraga
 

Konstipasi Saat Hamil? Ini Dia Cara Mencegahnya!
source: https://blog.fitnesia.com/


Selanjutnya, kamu juga dapat mencegah konstipasi saat hamil dengan melakukan latihan dan olahraga secara rutin. Tidak harus olahraga berat, cukup dengan melakukan gerakan ringan seperti berjalan pagi atau beryoga. Rutin berolahraga dapat membantu sistem pencernaan dapat bekerja dengan lebih optimal. Kamu juga bisa mencari beberapa pose dan gerakan yoga yang dapat melancarkan pencernaan.
 


Batasi Konsumsi Zat Besi
 

Konstipasi Saat Hamil? Ini Dia Cara Mencegahnya!
source: https://www.guesehat.com/


Terakhir, hal yang dapat kamu lakukan untuk mengoatasi konstipasi selama kehamiilan adalah dengan membatasi asupan zat besi. Hal ini memang akan sedikit menyulitkan mengingat zat besi sangatlah penting, khususnya untuk kamu yang memiliki tekanan darah rendah. Akan tetapi, asupan zat besi ini haruslah seimbang. Jadi, lakukanlah konsultasi dokter untuk mengetahui batasan asupan yang tepat untuk dapat mencegah konstipasi. Semoga bermanfaat!