1. Siapkan Daftar Menu MPASI
 

source: https://www.goodhousekeeping.com/


Tidak bisa dipungkiri, menentukan menu MPASI, apalagi MPASI pertama, akan sangat memakan waktu. Apalagi kamu harus mempertimbangkan asupan gizi dan kandungan nutrisinya. Selain itu, kamu juga harus mempertimbangkan cara pembuatannya yang sesuai dengan kebutuhan si kecil. Tidak hanya itu, bagi para ibu yang mempunyai anak dengan karakter picky eater memilih menu akan menjadi hal yang sangat menyulitkan. Untuk itu, cobalah untuk mencari resep pada satu hari di akhir pekan. Tentukan menu selama 1 minggu ke depan lengkap dengan daftar bahan dan peralatan yang diperlukan.
 


2. Siapkan Persedian Bahan MPASI
 

source: https://organiclifehq.com/


Selanjutnya, setelah berbelanja, segera cuci, kupas, dan potong semua bahan-bahan untuk menu MPASI setelah berbelanja. Pisahkan juga kebutuhan bahan-bahan untuk resep tertentu dalam satu wadah. Jika kamu membutuhkan bahan seperti kaldu, kamu dapat membuatnya banyak sekaligus dan menyimpannya di lemari es. Tapi ingat, satu bahan makanan yang sudah diolah biasanya hanya bertahan 1 minggu. Dengan begini, memasak MPASI akan terasa lebih mudah dan menyenangkan.
 

baca juga


3. Tentukan Satu Metode Memasak

source: https://www.healthyfoodhouse.com/


Kamu juga harus menentukan cara atau proses masak yang sederhana dan simpel. Di MPASI tahap awal, cobalah untuk mencari menu dengan satu kali proses masak, misalnya dengan merebus atau mengukus saja. Selain lebih mudah, kamu juga dapat menghindari si kecil yang merengek karena kamu sibuk mengurus menu MPASI. Siapkan juga semua peralatan memasak MPASI seperi panci, blender, hingga saringan dalam tempat yang berdekatan sehingga dapat memudahkan proses memasak.


4. Buat MPASI Saat Anak Sedang Tidur
 

source: https://www.thebump.com/


Terakhir, kamu bisa memanfaatkan waktu untuk membuat MPASI saat si kecil sedang tidur. Dengan begitu, konsentrasi kamu akan lebih terfokus sehingga MPASI dapat dibuat dalam waktu singkat. Terkadang, waktu yang lama dalam membuat MPASI disebabkan karena si kecil yang terus rewel dan membuat ibu harus bolak-balik menenangkannya.