1. Mendekatkan hubungan ibu dan anak
Seberapa pun sibuknya keseharian Moms, menyediakan quality time berdua saja dengan si kecil saat ia hendak tidur akan amat bermanfaat bagi perkembangan anak, khususnya psikis si kecil. Ia akan merasakan kasih sayang Moms yang membuatnya tenang saat ia tidur. Ia juga akan merasa berharga di mata Moms, bahwa setiap hari Moms menyediakan waktu khusus untuknya walaupun hanya sejenak.
 

source: https://inhabitat.com/inhabitots/wp-content/blogs.dir/24/files/2014/06/read-to-your-baby.jpg

2. Membantu kemampuan komunikasi
Berhubungan dengan manfaat nomor 1 yang telah dibahas sebelumnya, kemampuan komunikasi si kecil juga akan terbantu. Baik itu berkomunikasi dengan Moms, Dads, atau dengan orang-orang lainnya. Si kecil akan mudah mengajukan pertanyaan serta mudah menyusun rangkaian kata.
 

source: https://d2v9y0dukr6mq2.cloudfront.net/video/thumbnail/G0uYrQk/mother-is-playing-with-child-at-home-slow-motion-120-fps-4k-young-mom-reading-a-picture-book-to-her-baby-daughter-happy-motherhood-and-childhood-concept-toddler-girl-1-year-old-cinematic-family_h6y4ef1n__F0000.png
baca juga

3. Mengajarkan nilai-nilai moral
Tak dapat dipungkiri bahwa keadaan dunia sekarang sudah semakin liar, di mana nilai moral dan norma semakin sulit untuk ditemukan. Merupakan hal yang amat baik untuk mengajarkan nilai moral dan norma pada anak melalui membacakan buku cerita. Dari situ, si kecil akan terlatih untuk membedakan mana yang baik dan mana yang tidak untuk diaplikasikan dalam dunia kehidupan yang sebenarnya.
 

source: https://ak4.picdn.net/shutterstock/videos/9325214/thumb/1.jpg?i10c=img.resize(height:160)

4. Meningkatkan daya imajinasi dan kreativitas
Seorang anak yang memiliki daya imajinasi dan kreativitas tinggi tentu saja dapat membantunya di dunia pendidikan dan karier kelak. Dan hal ini dapat dipupuk sejak dini, melalui membacakannya buku cerita. Dengan dibacakan buku cerita, si kecil akan terlatih untuk berpikir abstrak dengan membayangkan tokoh, suasana, dan jalan cerita. 
 

source: https://www.readinghouse.com/images/easyblog_articles/61/momchild-reading-child-surprised-at-book.jpg
baca juga

5. Menajamkan Memori
Penelitian melarang siswa belajar semalam suntuk tanpa tidur untuk mempersiapkan ujian keesokan paginya. Hal ini berkaitan dengan pusat memori pada otak yang justru aktif saat kita tidur malam setelah belajar. Hal ini juga bisa diterapkan pada si kecil. Untuk melatih daya ingatnya, cobalah Moms bahas kembali inti cerita dari buku yang dibacakan pada si kecil semalam sebelum ia tertidur.
 

source: https://riseandshine.childrensnational.org/wp-content/uploads/2018/02/Mom-and-kid-lying-on-floor-reading-book-1440x430.jpg

6. Memperkaya kosakata
Percakapan sehari-hari di rumah tentu tidak mencakup kosakata yang kaya. Tak bisa dipungkiri, penguasaan akan kosakata bahasa Indonesia anak saat ini, sangat meragukan mengingat rendahnya minat baca anak. Jangan biarkan si kecil jadi terbatas kosakatanya karena hal tersebut. Membacakannya buku cerita merupakan salah satu cara untuk mengenalkan si kecil pada aneka kosakata baru setiap harinya. Tentunya kaya kosakata akan membuat si kecil lebih terampil kemampuan komunikasinya.
 

source: https://www.rd.com/wp-content/uploads/2016/04/32-your-childs-teacher-mom-daughter-homework.jpg

7. Melatih kemampuan mendengarkan
Sebagian orang terbiasa selalu berbicara dan tidak mau mendengarkan. Padahal kemampuan mendengarkan amat diperlukan untuk memahami segala permasalahan, baik dalam kehidupan sehari-hari maupun dalam pekerjaan. Jangan biarkan si kecil tumbuh menjadi orang yang hanya bisa berbicara tanpa bisa mendengarkan. Latih kemampuan si kecil menyimak dan mendengarkan dengan membacakannya buku cerita.
 

source: http://berkshirefamilyfocus.com/wp-content/uploads/2015/08/IMG_4661.jpg

Itulah beberapa manfaat membacakan buku untuk tumbuh kembang anak dan pendidikan anak. Semoga bermanfaat.