Ketika bayimu mengalami gumoh, terdapat beberapa hal yang perlu Beautynesian lakukan, yaitu:

Jangan Panik
Hal pertama yang perlu kamu lakukan dalam menangani gumoh pada bayi ialah menjadi tidak panik. Kenapa? Karena, ketika panik, kamu tidak dapat berpikir dengan baik dan benar, sehingga kamu tidak akan tahu harus melakukan apa. So yeah, keep yourself calm, okay?
 

source: http://www.huffingtonpost.com



Jangan Mengangkat Bayi
Yup, jangan pernah mengangkat bayi yang tengah gumoh, ya Karena hal ini berisiko membahayakan system pernafasan bayimu, dimana gumoh dapat turun dan masuk ke paru-parunya. Don’t ever do it ladies!

baca juga

 


Waktunya Beraksi
Selanjutnya, Beautynesian perlu memperhatikan kondisi bayimu untuk mengetahui apa yang perlu kamu lakukan. yang sedang gumoh dan biarkan ia muntah hingga tuntas.

  • Jika bayimu gumoh ketika tengah digendong sehingga posisi tubuhnya tegak,kamu bisa membungkukkan atau memiringkan sedikit badannya kedepan, ladies.
  • Di sisi lain, jika gumoh terjadi ketika bayimu tengah berbaring telentang, kamu bisa memiringkan atau menengkurapkan tubuh dan kepalanya. Selain itu, kalau bayimu sebelumya menggunakan bantal, segera ambil bantal tersebut ya ladies, sehingga posisi kepalanya tidak lebih tinggi dibanding badannya.

Dua cara ini perlu kamu lakukan sambil menepuk-nepuk punggung si kecil dengan pelan. Kedua cara ini perlu kamu lakukan untuk mencegah masuknya cairan gumoh ke dalam saluran pernafasan bayimu. Satu lagi, tetap lakukan 2 cara ini hingga bayimu tuntas mengeluarkan cairan gumohnya, ya, ladies.

source: https://id.theasianparent.com



Buat Bayimu Merasa Nyaman
Nah, setelah bayimu setelah gumoh, langkah terakhir yang perlu kamu lakukan ialah membuat dirinya merasa nyaman ya ladies. Kamu bisa menepuk-nepuk punggung atau bokongnya ataupun merengkuhnya dalam pelukan. Just do anything that could calm your baby, ladies!

source: https://www.youtube.com