Kapan waktu yang tepat untuk kembali berhubungan seks setelah melahirkan?
Waktu yang paling tepat untuk kembali berhubungan seks setelah melahirkan yakni setelah darah nifas berhenti keluar. Umumnya darah nifas, atau darah yang keluar dari vagina pasca melahirkan berlangsung selama 3 minggu.

source: https://ak0.picdn.net/shutterstock/videos/20365930/thumb/1.jpg?i10c=img.resize(height:160)

Bagaimana hubungan seks yang aman setelah melahirkan normal?
Umumnya luka dan jahitan pada vagina pulih sepenuhnya pada 6 minggu setelah proses melahirkan normal. Saat dirasa telah pulih, Moms dan Dads bisa mulai berhubungan intim seperti biasa. Namun jika Moms masih merasa nyeri, hubungan seks sebaiknya ditunda hingga 3 bulan setelah melahirkan normal.
 

source: https://media4.s-nbcnews.com/i/newscms/2016_07/981571/lovers-bed-feet-stock-today-160219-tease_cd63a3359fd3c792999abe411da6cf33.jpg
baca juga

Bagaimana hubungan seks yang aman setelah melahirkan dengan operasi caesar?
Melahirkan dengan operasi caesar juga akan mendatangkan nifas. Setelah darah nifas berhenti keluar Moms dan Dads bisa mulai berhubungan intim, namun dengan posisi yang tidak membahayakan bekas operasi Moms. Jahitan bekas operasi caesar membutuhkan waktu lebih lama untuk sembuh dan akan terasa nyeri jika Moms merasa tegang saat berhubungan intim.
 

source: https://www.rd.com/wp-content/uploads/2017/07/02-similar-sleep-patterns-shutterstock_551752222-Dean-Drobot.jpg

Hal-hal apa saja yang perlu diperhatikan sehubungan dengan berhubungan intim setelah melahirkan?

  1. Jika Moms mengalami cairan berwarna dan beraroma tak sedap keluar dari vagina, segeralah memeriksakan diri ke dokter karena itu adalah tanda Moms mengalami infeksi.
  2. Hubungan intim setelah melahirkan tidak boleh dipaksakan. Kenyamanan dan kesiapan fisik serta mental Moms adalah yang utama.
  3. Gairah seksual Moms bisa jadi menurun setelah melahirkan. Beristirahatlah dengan cukup dan sering-seringlah bermesraan dengan Dads untuk membangkitkan gairah seksual kembali.
  4. Tidak akan hamil selama masih masa menyusui merupakan mitos. Moms dan Dads perlu mempertimbangkan penggunaan alat kontrasepsi segera setelah melahirkan jika berencana menunda kehamilan berikutnya.
source: https://d2v9y0dukr6mq2.cloudfront.net/video/thumbnail/HeCIR-uGgiw0c8cpr/videoblocks-young-beautiful-and-loving-couple-kiss-and-hug-into-bed-while-waking-up-in-the-morning-top-view-of-attractive-man-kissing-and-talking-his-smiling-wife_bnwt6llglb_thumbnail-full01.png