Sudah lama menikah, namun belum juga menunjukkan tanda-tanda kehamilan. Disaat penantian, tiba-tiba ibu mengalami mual muntah, telat menstruasi dan bahkan saat melakukan cek kehamilan dinyatakan positif. Sayangnya, setelah beberapa bulan ternyata ibu mengalami hamil anggur. Kondisi tersebut tentu saja membuat ibu kecewa.

source: https://media.shoptretho.com.vn


Lalu, apa sih hamil anggur itu?
Hamil anggur adalah kondisi dimana gagalnya kehamilan saat proses perkembangan sel telur setelah dibuahi. Kondisi tersebut membuat ibu gagal memiliki seorang bayi. Sel-sel telur dan plasenta yang tidak bisa berkembang itu kemudian akan membentuk gelembung yang berisi cairan dan menyerupai buah anggur.
 
Walaupun masalah kehamilan ini jarang sekali terjadi, namun pada beberapa kasus kehamilan anggur menyebabkan dampak psikis pada sang calon ibu terutama bagi mereka yang sangat menginginkan kehadiran seorang anak. Kamu yang mengalami kehamilan anggur juga harus segera dilakukan penanganan agar terhindar dari risiko komplikasi yang juga dapat membahayakan kesehatan ibu.
 

source: http://media.istockphoto.com
baca juga


Hamil anggur umumnya memiliki tanda yang sama dengan kehamilan normal. Namun, jika diperhatikan ada beberapa perbedaan, seperti:

  1. Pendarahan pada trimester pertama,
  2. Mengalami mual muntah yang parah,
  3. Nyeri pada tulang panggul

Saat ibu mengalami beberapa tanda seperti di atas, seringkali menganggapnya sebagai tanda kehamilan normal terlebih saat dilakukan tes kehamilan menunjukkan hasil positif dan baru mengetahui saat melakukan tes kehamilan USG. Kondisi tersebutlah yang membuat ibu sangat terpukul. Oleh karena itu, jika ibu mengalami tanda-tanda kehamilan dengan ciri-ciri seperti di atas, sebaiknya segera lakukan pemeriksaan ke dokter untuk segera mendapatkan penanganan.
 

source: http://www.alodokter.com


Tak hanya itu, wanita yang mengalami kehamilan anggur perutnya akan jauh lebih besar dibanding dengan wanita yang hamil normal. Penyebab hamil anggur yang utama adalah usia ibu di atas 40 tahun dan juga yang masih terlalu muda. Namun, ada beberapa hal lain yang menjadi penyebab terjadi hamil anggur, seperti:

  1. Kualitas sperma atau ovum yang tidak baik
  2. Ibu memiliki penyakit darah tinggi
  3. Kekurangan vitamin A
  4. Gaya hidup yang sehat dengan merokok dan mengonsumsi alcohol
  5. Rendahnya asupan makanan bernutrisi seperti protein, karoten dan asam folat.
source: http://infosehatwanita.com
baca juga


Oleh karena itu, mulai sekarang rubahlah pola hidup ibu dengan banyak mengonsumsi makanan sehat serta rutin melakukan olahraga. Selain untuk menghindari hamil anggur juga dapat membuat tubuh ibu sehat dan terhindar dari berbagai penyakit lho.