Anak mimisan memang tampak menakutkan, namun nyatanya mimisan tidak menyebabkan dampak pada kesehatan yang serius lho. Bahkan, umumnya mimisan dapat berhenti dengan sendirinya dan bahkan mudah untuk diatasi. Akan tetapi, sebagian besar anak mimisan karena udara di hidung yang terlalu kering.
 
Namun, kondisi tersebut tetap saja membuat ibu khawatir, ditambah lagi anak yang kerap menangis akibat shock membuat ibu menjadi semakin panik. Eits.. tak perlu panik karena ibu bisa melakukan beberapa cara mudah ini untuk mengatasi mimisan pada anak!

  1. Tetap tenang dan mengajak anak untuk tenang juga dengan memberi tahu bahwa darah yang keluar dari hidungnya tidak berbahaya. Umumnya, saat mimisan anak akan kaget sehingga ia kerap akan menangis.
  2. Pangku anak dengan posisi tegak sembari terus menyakinkan dirinya untuk tetap tenang, kemudian miringkan kepalanya ke depan sedikit.
  3. Jangan biarkan anak bersandar karena posisi tersebut justru akan membuat darah mengalir ke belakang tenggorokan yang dapat menyebabkan anak menjadi tersedak, batuk dan bahkan muntah. Karena itu tetap tegakkan badan Si Kecil.
  4. Cara terakhir untuk menghentikan pendarahan adalah dengan memencet cuping hidung selama sepuluh menit. Memencetnya terlalu cepat akan membuat pendarahan terjadi lagi.
source: http://acemaxsherbal.net
baca juga


Namun, untuk menghindari efek trauma pada anak akibat mimisan. Sebaiknya ibu melakukan pencegahan terlebih lagi saat udara sedang panas. Seperti apa caranya? Yuk, simak di bawah ini:

  1. Rutin memotong kuku anak, selain dapat menghindari ia terluka atau tercakar saat sedang beraktivitas, juga untuk menghindari luka saat ia memasukkan jarinya ke dalam hidung.
  2. Selalu menjaga kelembapan hidung anak dengan cairan garam atau salep khusus yang biasa dijual di apotik saat udara sedang panas dan juga kering.
  3. Pasang pemurni udara untuk mencegah perkembang biakan jamur di dalam ruangan. Selain dapat mencegah anak mengalami mimisan, juga dapat menjaga kesehatan anak dan keluarga lho.
  4. Selain hidung yang kering hingga menyebabkan luka dan terjadi mimisan, alergi ringan juga menjadi salah satu penyebab mimisan pada anak. Oleh karena itu, tetap pastikan anak menggunakan alat pelindung yang memadai saat ia akan melakukan aktivitas yang rentan pada benturan.
source: http://www.sarihusada.co.id


Itulah beberapa cara mudah yang dapat para orangtua lakukan untuk mengatasi dan mencegah terjadinya mimisan pada anak. Yuk, lindungi kesehatan anak kamu mulai dari sekarang. Semoga bermanfaat!