Peran makanan saat usia dini sangat penting untuk menunjang tumbuh kembang anak agar ia dapat menjadi anak yang pintar dan sehat. Sayangnya, tak sedikit anak yang mengalami susah makan, kondisi tersebut tentu saja membuat orangtua khawatir karena takut sang buah hati kekurangan nutrisi yang berdampak pada kesehatannya.
 
Oleh karena itu, orangtua disarankan untuk mengetahui apa penyebab anak mengalami susah makan agar Si Kecil mendapatkan asupan nutrisi yang cukup. Nah, berikut ini adalah beberapa penyebab anak susah makan:

1. Pertumbuhan Melambat
Beberapa ahli menyatakan bahwa setelah anak berusia satu tahun maka pertumbuhannya akan melambat dibanding dengan masa sebelumnya. Kondisi tersebut ternyata dapat menurunkan selera makannya, maka tak heran jika makan anak akan lebih sedikit.

source: https://teapartydiecast.files.wordpress.com


2. Anak Sudah Punya Selera Rasa
Saat anak memasuki usia batita, rasa ingin tahunya terhadap makanan akan semakin besar. Ia bahkan sudah memiliki selera rasa sendiri, karena itu ibu tak bisa menyamakan makanan usia batita dengan saat ia masih bayi yang terbilang masih tawar. Mulailah memberikan makanan yang memiliki rasa seperti menambahkan garam atau gula ke dalam makanannya agar ia berselera untuk makan.

source: https://pgw.udn.com.tw
baca juga


3. Bosan dengan Tekstur dan Bentuknya
Bila saat ia bayi, ibu cenderung memberikan makanan yang halus. Menginjak usia batita ia akan mulai merasa bosan dengan bentuk dan tekstur yang sama. Bahkan, banyak juga batita yang sudah merasa mual dengan makanan lunak yang dicampur aduk. Nah, disinilah ibu dituntut untuk lebih kreatif memberikan makanan untuk Si Kecil.

source: http://www.k-link.co.id


4. Sering Memaksa Anak Makan
Saat masa pertumbuhan, anak memang diharuskan mendapatkan asupan nutrisi yang cukup. Namun, lantaran ibu khawatir asupan nutrisi anak tidak terpenuhi membuat ibu seringkali memaksa anak untuk makan. Padahal cara tersebut salah dan harus dihindari. Semakin memaksakan anak, maka anak akan semakin melakukan perlawanan dengan menolak makanan yang ibu berikan.

source: http://duniaanak.org
baca juga


5. Suasana Rumah yang Tidak Menyenangkan
Suasana rumah yang tidak menyenangkan dan tidak membuatnya nyaman ternyata berpengaruh terhadap selera makan anak lho. Ia juga kerapkali akan menjadi rewel dan bahkan sering menangis karena merasa tidak nyaman. Karena itu, menjaga suasana rumah tetap menyenangkan dan nyaman sangat penting karena juga dapat berpengaruh pada psikis anak.

source: http://sifajran.blogspot.co.id


Nah, itulah beberapa penyebab anak mengalami susah makan. Mulailah mengkreasikan makanan Si Kecil dengan bentuk yang lucu sehingga membuat ia ingin menyantap makanan yang ibu sajikan. Semoga bermanfaat!