Dalam merawat bayi faktor utama yang perlu diperhatikan adalah bagaimana para ibu menjaga kesehatan jasmani dan rohaninya agar tetap fit dan bahagia sehingga terhindar dari stress yang justru dapat menghambat proses merawat bayi di rumah.
 
Merawat bayi baru lahir bagi pasangan muda memang terbilang susah-susah gampang. Namun, ada beberapa hal yang dapat para ibu lakukan agar aman dan nyaman merawat bayi baru lahir di rumah, berikut di antaranya:

1. Menjaga Kebersihan dan Keamanan Bayi
Sebelum memegang atau menggendong bayi, pastikan untuk selalu membersihkan kebersihan tanganmu agar bayi dapat terhindar dari serangan kuman. Selain itu, menggendong bayi baru lahir juga tidak bisa sembarangan lho, ibu harus selalu memperhatikan pegangan pada bagian kepala dan leher bayi. Nah, yang perlu selalu ibu ingat adalah untuk tidak mengguncang-guncang bayi jika ingin membangunkannya tidur, kondisi tersebut dapat menyebabkan pendarahan di otaknya.

source: http://hellomama.com.cy

2. Memandikan Bayi
Sebelum tali pusar terlepas, para ibu dianjurkan untuk memandikan bayi dengan menggunakan spons dan bayi baru lahir setidaknya membutuhkan dua kali mandi dalam seminggu. Saat memandikan bayi pun kamu harus ekstra hati-hati dengan selalu memegang bagian kepalanya dan basuh lembut dengan air hangat. Kamu juga harus selalu sigap dengan handuk dan jangan biarkan Si Kecil kedinginan. Barang-barang yang harus ibu miliki saat memandikan bayi adalah kain waslap, handuk lembut dan juga bak mandi bayi.
source: http://mecon.vn
baca juga


3. Mengganti Popok
Ya, salah satu cara merawat bayi baru lahir yang dianggap paling susah adalah mengganti popok bayi. Bahkan kemungkinan ibu dapat mengganti popok hingga sepuluh kali dalam sehari, tergantung dari asupan ASI yang diterima bayi. Untuk buang air besar, bayi biasanya baru akan melakukannya untuk pertama kali satu atau dua hari setelah ia lahir. Namun, umumnya poop bayi pertama kali berupa meconium berwarna hitam yang berisi lender, cairan ketuban atau segala sesuatu yang tertelan bayi saat ia berada di dalam janin.

source: http://perawatanbayi.com


4. Memberikan Susu
Saat memberikan susu kepada bayi atau menyusui, pastikan ibu mengetahui posisi menyusui yang benar agar tidak terjadi masalah. Selain itu, usahakan agar ibu melakukannya dengan posisi yang bergantian atau berganti payudara agat ibu juga akan merasa nyaman. Namun, perlu diketahui bahwa baru lahir umumnya akan sering sekali menyusui yaitu antara 8 – 15 kali dalam sehari tapi tidak banyak atau lama karena kapasitas perutnya yang masih sangat kecil.

source: http://i.telegraph.co.uk
baca juga

5. Jangan Takut
Inilah hal yang paling penting dilakukan bagi kamu pasangan muda yang baru memiliki anak. Ya, melihat bayi mungil yang lucu tentu akan membuatmu merasa khawatir tidak dapat merawatnya dengan baik. Namun, kamu tak perlu takut seperti saat harus memandikan bayi atau menagganti popoknya. Awalnya mungkin terasa kaku, tapi lama kelamaan kamu juga akan terbiasa.
source: http://www.code-creations.com