Dapur
 

Moms, Ini Dia Cara Memanfaatkan Ruang dan Taman Rumah untuk Sarana Belajar Anak
source: https://www.hgtv.com/

'Kantor' para ibu ini merupakan ruang kelas yang sangat baik untuk menjadi lokasi belajar anak. Di dapur, terdapat banyak sekali bahan-bahan yang bisa digunakan untuk anak belajar mengenal lingkungan sekitarnya. Kamu bisa memperkenalkan aneka bahan makanan serta rasa pada anak. Kelas indera penglihatan, perabaan, penciuman, hingga pengecapan akan terlatih disini. Jadi, jangan pernah takut untuk mengajak anak ke dapur selama semua peralatan berbahaya telah disimpan dengan baik dan jauh dari jangkauan si kecil.
 


Kamar Mandi
 

Moms, Ini Dia Cara Memanfaatkan Ruang dan Taman Rumah untuk Sarana Belajar Anak
source: https://www.parents.com/


Gunakan kamar mandi sebagai media belajar anak mengeksplorasi air dan segala perubahan bentuknya. Biarkan anak bermain air dan busa sabun sehingga si kecil bisa belajar bahwa air yang terkena sabun akan menghasilkan tekstur yang licin. Dengan begitu perlahan anak akan paham bahwa ia harus berhati-hati dengan sabun dan air saat di kamar mandi. Kamu juga bisa menyediakan bak besar untuk sarana anak bermain dan "berenang".
 

baca juga


Kamar dan Ruang Keluarga
 

Moms, Ini Dia Cara Memanfaatkan Ruang dan Taman Rumah untuk Sarana Belajar Anak
source: https://www.pinterest.com/


Jadikan kamar dan ruang keluarga sebagai lokasi bermain dan belajar anak dengan memberikan materi-materi belajar seperti buku, matras bermain, hingga pojok menggambar dan mewarnai. Kamu bisa menyediakan satu dinding untuk anak menggambar atau pojok kreativitas dengan meletakkan alat-alat tulis dan poster berhitung. Biarkan anak menghabiskan waktunya untuk melakukan aktivitas seru dan menyenangkan di sana.
 


Taman dan Halaman Rumah
 

Moms, Ini Dia Cara Memanfaatkan Ruang dan Taman Rumah untuk Sarana Belajar Anak
source: https://www.lakeside.com


Perkenalkan anak dengan berbagai hewan dan tanaman dengan membiarkan anak untuk bermain di luar. Kamu bisa memberikan waktu untuk anak bermain dengan bebatuan, tanah, dan rerumputan di pagi atau sore hari sebelum ia mandi. Jangan takut dengan kotornya tanah atau hewan-hewan yang ada di sekitarnya. Jika kamu tidak membiasakannya, anak bisa menjadi seseorang yang penakut. 

Nah, itulah beberapa ide untuk memanfaatkan semua sudut ruangan di rumah sebagai media belajar anak. Jadi, jangan pernah membatasi anak dengan lingkungannya. Biarkan ia tumbuh dengan suasana sekitar sebagaimana orang dewasa menggunakan ruang-ruang di dalam rumah.